Saudi Masih Enggan Pulihkan Diplomatik dengan Suriah

Menteri Luar Negeri Arab Saudi Adel Al Jubeir

RIYADH, Harnasnews.com – Arab Saudi melalui Menteri Luar Negeri-nya Adel al-Jubeir mengatakan, terlalu dini untuk memulihkan hubungan diplomatik dengan Suriah. Sebab, stabilitas keamanan Suriah belum jelas.

Saudi mengatakan, keputusan keanggotaan Suriah di Liga Arab yang tanpa kemajuan dalam proses politik untuk mengakhiri perang delapan tahun, masih sangat terlalu cepat untuk dipulihkan. Hal itu dia sampaikan saat menggelar konferensi pers bersama Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov di Riyadh, Senin (4/3) waktu setempat.

Jubeir mengatakan, Saudi tidak akan ikut mengambil bagian dalam upaya rekonstruksi Suriah sebelum stabilitas dipulihkan. “Ini (pembukaan kembali kedutaan atau kembalinya Suriah ke Liga Arab) terkait dengan kemajuan proses politik, dan saya pikir masih terlalu dini,” ujar Jubeir.

Menurutnya, masih terlalu dini pula memulihkan Suriah ke Liga Arab, sebab keanggotaannya ditangguhkan tujuh tahun lalu. Sementara Liga Arab mengatakan, langkah seperti itu akan membutuhkan konsensus di antara negara-negara anggota.

Leave A Reply

Your email address will not be published.