Sekda Aceh Utara Buka Pelatihan Kewirausahaan untuk 454 ASN Jelang Pensiun

ACEH UTARA, Harnasnews – Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Utara Dr A Murtala, MSi, membuka kegiatan Sosialisasi dan Pelatihan Kewirausahaan untuk 454 aparatur sipil negara (ASN) yang memasuki usia pensiun dalam tahun 2023. Kegiatan itu berlangsung di aula kantor PT Bank Aceh Syariah Cabang Lhokseumawe, Selasa, (13/06/23).

Selain dihadiri oleh Sekda Dr A Murtala, MSi, dan pimpinan PT Bank Aceh Syariah Cabang Lhokseumawe Taufik Saleh, juga turut hadir pimpinan PT Taspen Lhokseumawe, sejumlah Kepala SKPK dan pejabat terkait lainnya.

Sekda Dr A Murtala dalam sambutannya antara lain mengatakan, jumlah ASN Aceh Utara yang memasuki usia pensiun tahun 2023 sebanyak 454 orang.

“Kami yakin selama menjalankan tugas sebagai ASN telah menghabiskan waktu yang tidak sedikit, bahkan ada yang telah mengabdi selama 25 tahun, 30 tahun, mungkin ada yang 35 tahun masa tugas. Pengabdian yang telah diberikan selama ini tentu saja telah memberikan manfaat dan arti yang sangat besar bagi Pemerintah Kabupaten Aceh Utara khususnya dan masyarakat Aceh Utara pada umumnya,” katanya.

Untuk itu, kata Murtala, Pemkab Aceh Utara sangat mendukung diselenggarakannya kegiatan sosialisasi wirausaha bagi ASN yang akan memasuki pensiun yang merupakan sinergitas antara PT. Bank Aceh Syariah dengan PT. Taspen Cabang Lhokseumawe. Semoga dengan terlaksananya kegiatan ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan dan mudah-mudahan terdapat strategi-strategi khusus untuk menghadapi masa pensiun.

Disebutkan, setiap PNS akan menghadapi masa pensiun. Bagi para pegawai yang terbiasa dengan bekerja dan memiliki jabatan atau wewenang dalam suatu organisasi, bisa jadi akan sedikit kaget mengalami perubahan sikap atau kejiwaan yang cenderung muncul ketika seseorang yang terbiasa bekerja sebelumnya. Bukan tidak mungkin dalam memasuki masa-masa persiapan pensiun semangat kerja akan menurun.

“Jangan jadikan masa pensiun ini sebagai momok yang menakutkan, melainkan harus kita sambut dengan hati yang senang dan gembira,” harap Murtala.

Dengan memasuki masa pensiun, kata dia, kita lebih bebas mengisi hidup yang selama ini terlewati dengan tugas pekerjaan kedinasan. “Dengan diadakannya acara ini, kami berharap dapat memberikan bekal kepada para ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Aceh Utara yang akan mendekati usia purna tugas,” ucapnya.

Sebelumnya Kepala Cabang PT Bank Aceh Syariah Lhokseumawe Taufik Saleh melaporkan bahwa pihaknya menyelenggarakan kegiatan sosialisasi kewirausahaan kepada ASN calon pensiun atas kerjasama dengan manajemen PT Taspen Lhokseumawe. Pada kesempatan itu pihaknya juga melakukan pendataan langsung terhadap semua ASN calon pensiun dalam jajaran Pemkab Aceh Utara. (Zulmalik)

Leave A Reply

Your email address will not be published.