Sekda Kabupaten Bogor Kukuhkan Pengurus FPSH dan HAM

BOGOR, Harnasnews.com – Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor( (Sekda) Burhanudin, kukuhkan Pengurus Forum Pelajar Sadar Hukum dan Hak Asasi Manusia (FPSH dan HAM) dan Penobatan Duta Hukum dan Hak Asasi Manusia tingkat Kabupaten Bogor tahun 2021, secara virtual di Gedung Serbaguna 1 Setda Kabupaten Bogor, Kamis (4/3/2021). Itu dilakukan untuk meningkatkan budaya sadar hukum dan hak asasi manusia sejak dini dikalangan masyarakat dan pelajar.

Burhanudin menjelaskan, pengembangan budaya sadar hukum merupakan salah satu prioritas pembangunan nasional, yang diarahkan untuk membentuk sikap dan perilaku masyarakat yang memahami hak dan kewajibannya agar tercipta kesadaran dan kepatuhan terhadap hukum dan peraturan perundang-undangan.

“Membangun kesadaran hukum harus dimulai sejak dini agar bisa tertanam dan jadi kebiasaan sehari-hari, sehingga kaum muda berkembang menjadi pribadi yang disiplin, bertanggung jawab, taat dan patuh pada aturan dengan kesadaran penuh tanpa harus diawasi. Ketaataan mereka terhadap aturan pun tidak harus dipaksakan,” tegas Burhanudin.

Lanjut Sekda Kabupaten Bogor, pelajar sebagai generasi penerus bangsa memiliki hak untuk mendapatkan pendidikan yang layak juga berkewajiban untuk mentaati peraturan. Kesadaran hukum di kalangan pelajar sangat penting untuk meningkatkan prestasi, menciptakan kenyamanan dan kedisiplinan, baik di sekolah maupun dilingkungan masyarakat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.