Sosok Bidan Desa Yang Tak Kenal Lelah Mensosialisasikan Bahaya Covid-19

Nasional

Bidan Desa Purworejo Rujiati. Amd.Keb, Kecamatan Ngantang Kab.Malang (Foto: Teddy Hendrawan)

MALANG RAYA,Harnasnews.com  – Kolaborasi antara bidan Desa Purworejo Rujiati. Amd.Keb, Kecamatan Ngantang bersama stake holder terkait didesa tidak tinggal diam menyikapi mewabahnya virus covid-19 atau virus corona yang sudah mengglobal.

Kemarin dimotori Pemdes dan bidan Desa Rujiati, menggandeng pihak Bhabinkamtibmas, Babinsa,  masyarakat setempat utamanya kaum millennial serta aparatur pemerintahan desa setempat bersama-sama melakukan sosialisasi kepada warga, dan himbauan keliling desa untuk mensosialisakikan bahanya virus covid-19, (31/3/2020).

Setelah sehari sebelumnya mengadakan kegiatan penyemprotan disenfektan untuk mencegah mewabahnya virus corona ditingkat desa, dan upaya mencegah lebih baik dari pada mengobati sangat dirasa perlu dilakukan,ucap Rujiati.Amd.Keb selaku bidan Desa Purworejo, Puskesmas Kecamatan Ngantang.

Bidan berwajah manis yang selalu sigap, energik dan penuh semangat tak kenal lelah ini mengatakan “, sosialisasi dan himbauan ini dilakukan tidak berdasarkan titik tertentu tapi sasaranya lebih pada masyarakat luas khususnya warga desa Purworejo, himbauan social distancing, menjaga kebersihan di tiap rumah, berdiam dan bekerja dari rumah serta warga yang baru pulang dan bepergian agar melapor ke posko desa yang sudah disiapkan termasuk sudah ada fasilitas bilik desinfektan mandiri, demi keselamatan warga semua.

“Kami disini harus saling sadar, dan saling membantu memutus rantai penyebaran virus dari tingkat RT sampai Desa. Untuk itu kami beserta perangkat desa tak akan berhenti sampai disini saja, tapi kami bersatu untuk melawan Covid-19 ,” kata Rujiati bak seorang ratu dengan kereta kencana menaiki sepeda roda tiga tossa yang dilengkapi kursi dengan pengeras suara.

Langkah yang dilakukan jajaran perangkat  desa dan bidan desa  pun mendapat apresiasi positif dari warga setempat.

Warga juga berkeinginan agar yang namanya virus corona jangan sampai ada masuk ke desa mereka.

“Warga juga tetap diberikan sosialisasi tentang Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), disamping dihimbau pula kepada warga untuk tetap tinggal dirumah jika tidak ada urusan yang penting,” imbuh Rujiati.

Disisi lain salah satu tokoh masyarakat yang sekaligus ketua BPD Desa Purworejo Suhadi mengatakan ,” Semenjak merebaknya wabah covid-19 di Indonesia kami sebagai warga masyarakat dengan kesadaran tinggi juga harus membantu pemerintah dengan melakukan antisipasi, sedaya upaya untuk memutus rantai penyebaran covid-19 seperti salah satunnya yang sudah dijalankan melalui penyemprotan.

Sampai himbauan-himbauan kesehatan, berdiam dan bekerja dari rumah, bahkan kami juga melakukan penyekatan jalan menuju dan keluar desa mulai pukul 21.00 malam sampai pukul 04.00 pagi.

Kami berharap agar warga sadar dengan ketidak nyamanan ini demi menyelamatkan dan kebaikan warga semua, dan tak lupa mendekatkan diri, berdoa pada Allah SWT mohon keselamatan semua, dan semoga badai ini cepat berlalu,” tutup Suhadi. ( Teddy )

Leave A Reply

Your email address will not be published.