Sumbawa Waspada Rabies !!!

SUMBAWA,Harnasnews.com  – Kasus gigitan anjing rabies yang terjadi di Kabupaten Sumbawa makin hari terus meningkat. Saat ini sudah ada 9 orang yang digigit anjing. Empat Kecamatan yakni Kecamatan Tarano 4 Orang, Plampang 1 orang, Sumbawa 3 orang, dan Kecamatan Rhee 1 orang. Dan saat ini bekas gigitan anjing tersebut sudah ditangani oleh dokter. Ditemui diruangan kerjanya Sekdis Peternakan dan Kesehatan Hewan Ir Abdul Murad, MM membenarkan jika sudah ada 9 orang warga yang digigit anjing.

“Sejak 1 Februari hingga saat ini sudah ada 9 kasus gigitan. Dan kesembilan orang yang digigit anjing tersebut saat ini sudah mendapat pengobatan dari dokter, “ungkapnya kepada wartawan www.harnasnews.com (12/2/2019).

Menurut Murad sapaan akrabnya bahwa saat ini Dinas terus melakukan sosialisasi dan eliminasi/pengurangan populasi anjing -anjing dengan cara menembak dan meracun.

“Saat ini yang dilakukan oleh Dinas melakukan sosialisasi dan eliminasi terhadap anjing-anjing liar untuk mengantisipasi penyebaran rabies,di Kabupaten Sumbawa”tandas Murad.

Lanjut Murad, terhadap masyarakat yang mengalami gigitan diharapkan segera dibawah ke puskesmas terdekat. Hal tersebut untuk mendapatkan vaksin anti rabies.

“Terhadap anjing yang liar dihimbau masyarakat untuk lebih waspada dan tetap mengenal ciri-ciri seperti berikut tampa garang, menyerang benda -benda bergerak, matanya merah mengeluarkan liar berlebihan, dan tampak lebih agresif dan ekor terlipat diantara kedua paha serta dia memisahkan diri dari kelompoknya,”beber murad.

Dikatakan Murad, rabies ini juga selain menjangkiti anjing juga dapat menjangkiti kucing dan kera dengan gejala – gejala yang sama, “katanya

Seperti diketahui kasus rabies ini terjadi di Kabupaten Dompu tepatnya di Desa Soro Kecamatan Kempo. Dan untuk mengantisipasi hal tersebut saat ini Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Sumbawa terus melakukan sosialisasi dan eliminasi. (Hermansyah)

Leave A Reply

Your email address will not be published.