Survei LP3ES Demokrat Tempel Ketat PDIP di Posisi Dua Teratas

Gerindra, Golkar dan PKS Masuk Lima Besar

JAKARTA, Harnasnews.com- Pasca Pemerintah menolak mengesahkan hasil KLB ilegal. Ketua Umum Partai Demokrat, AHY semakin rajin keliling nusantara. Hal itu berdampak pada elektabilitas Partai Demokrat. Saat ini partai berlambang Bintang Mercy itu bertengger pada posisi kedua dengan angka 11,2%, setelah PDIP dengan elektabilitas 24%.

Partai Gerindra berada di posisi ketiga dengan elektablitas 9% dan Partai Golkar dengan elektabilitas 7,4%. “Ini merupakan hasil survei Lembaga Pendidikan, Penelitian, Penerangan Ekonomi dan Sosial (LP3ES) pada periode 8-15 April di 34 provinsi, dengan 1.200 responden dan margin of error 2,8%,” ujar Peneliti LP3ES Erwan Halil, didampingi Direktur LP3ES Fajar Nursahid, kemarin.

Naiknya hasil survei partai yang pernag berkuasa dua periode di era SBY itu. Diikuti pula elektabilitas tokoh kandidat capres. Elektabilitas Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mencapai 8,8%, menjadikan AHY satu-satunya tokoh non pejabat publik yang masuk dalam lima besar tokoh nasional dengan elektabilitas tertinggi.

Diatas AHY, sambungnya lagi elektabilitas tertinggi masih dipegang oleh Prabowo Subianto, Ketum Gerindra dan Menteri Pertahanan, dengan 16,4%, disusul oleh Gubernur DKI Anies Baswedan dengan 12,8%, lalu Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan 9,6%.

Leave A Reply

Your email address will not be published.