iklan iklan

Tadarus Online Selama Bulan Suci Ramadan,Pemprov Jatim Khatamkan 53 Kali

Nasional

SURABAYA,Harnasnews.com – Memasuki bulan suci Ramadan saat pandemi Covid-19, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menggelar tadarus online yang juga melibatkan semua OPD (organisasi perangkat daerah) di lingkup Pemprov Jatim.

Seperti tahun sebelumnya,Suasana di lingkungan kantor Gubernur Jatim tak pernah sepi dari lantunan ayat suci Al Qur’an selama bulan Suci Ramadan ini. Begitupun dari ruang-ruang kerja OPD yang rutin melaksanakan tadarus online serta berbagai format tadarus lainnya hingga mampu mengkhatamkan sebanyak 53 kali.

Tadarus di Pemprov Jatim tidak hanya melibatkan para staf ASN, lebih dari itu, pejabat eselon, hufadz-hufadzah, kader muslimat hingga Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa pun ambil bagian dalam tadarus Qur’an. Gubernur Khofifah juga mengajak para kepala daerah dan Forkopimda Jatim untuk tadarus bersama secara hybrid dari Gedung Negara Grahadi saat peringatan Nuzulul Qur’an.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengungkapkan, tadarus online yang rutin digelar sejak 1 Ramadan di Grahadi dan Masjid Baitul Hamdi telah 53 kali khatam. Hal ini diharapkannya mampu membawa berkah bagi Jatim. “Semoga berkah Al Quran menyemai kasih di antara kita,” ujar Khofifah dalam akun instagramnya @khofifah.ip, Selasa (11/5).

Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Setdaprov Jatim Hudiyono menjelaskan, Pemprov Jatim selama bulan Ramadan ini menggelar tadarus dengan berbagai format dan lokasi. Di antaranya ialah tadarus online serentak diikuti oleh OPD Pemprov Jatim dan berhasil mengkhatamkan 2 kali, serta tadarus offline di musala An Nur Grahadi yang juga mengkhatamkan 2 kali. Selain itu, tadarus di Masjid Baitul Hamdi oleh ASN bersama Muslimat yang mengkhatamkan hingga 23 kali. Selanjutnya tadarus juga dilaksanakan dengan format hybrid yang melibatkan kepala daerah dan Forkopimda dari Gedung Negara Grahadi sehingga khatam sekali.

“Ada juga format tadarus yang dilakukan oleh hafidz-hafidzah saat pemberian tunjangan kehormatan beberapa waktu lalu dan khatam 17 kali. Siang ini, hafidz – hafidzah kembali khataman di Grahadi hingga 8 kali,” jelas Hudiyono.

Lebih lanjut Hudiyono menjelaskan, tadarus online merupakan implementasi Jatim Berkah yang telah dilaksanakan sejak kepemimpinan Gubernur Khofifah. Menurutnya, nuansa qur’ani selama bulan Ramadan ini tercipta di seluruh kantor Pemprov Jatim. Di setiap pelaksanaan tadarus ini, disisipkan pula pemberian santunan dan bingkisan bagi anak yatim.

“Semoga keberkahan selalu terlimpah dari kebiasaan kita membaca Al Qur’an. Ini juga menjadi pendidikan bagi ASN untuk selalu dekat dengan Al Qur’an tidak hanya saat Ramadan, tetapi juga selanjutnya terus istiqomah,” pungkas Hudiyono.[PUL]

Leave A Reply

Your email address will not be published.