JAKARTA, Harnasnews.com – Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan masalah manajemen rantai pasok (supply chain) menjadi tantangan utama bagi pengembangan pasar produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

“Padahal, Indonesia memiliki banyak produk dengan aneka jenis dan ragam. Tapi, kapasitas produksi para pelakunya masih kecil-kecil,” ujarnya dalam kegiatan Bazar Indonesia Hits di Kota Bogor Jawa Barat sebagaimana dalam keterangan pers, di Jakarta, Minggu.

Dia mencontohkan, permintaan gula semut dari Eropa dan Amerika Serikat begitu besar. Namun, para pelaku UMKM terutama yang masih level mikro dan kecil perlu terus mendapatkan agregasi untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Karena itu, Teten menyambut baik sebuah platform digital bernama BogorHitz Commerce sebagai wadah produk-produk UMKM unggulan Kota Bogor dan Bogor Raya yang diharapkan dapat bersaing di skala internasional.

“Saya selalu mengajak para kepala daerah untuk memilih dan menentukan satu atau beberapa produk unggulan khas daerahnya untuk kita kembangkan kualitas produk dan pemasarannya,” ucapnya.

Dikabarkan dari antara, Menkop menekankan pentingnya transformasi digital UMKM karena diproyeksikan kekuatan ekonomi digital Indonesia akan bertumbuh delapan kali lipat di 2030 atau mencapai Rp4.531 triliun.