Tingkatkan Kapasitas SDM linmas, Desa Mulyosari Gelar Sosialisasi dan Bimtek

TULUNGAGUNG,Harnasnews.com – Sekitar 30 linmas mengikuti sosialisasi dan bimbingan teknis (bimtek) di Balai Desa Mulyosari, Kecamatan Pagerwojo, Kamis (28/3)

Sosialisasi dan Bimtek kepada linmas tersebut diselenggarakan untuk menyambut serta mensukseskan pemilu 17 April dan pilkades serentak mendatang. Selain itu kegiatan dimaksud, digelar bertujuan untuk penguatan dan meningkatkan kapasitas SDM terhadap tenaga keamanan atau linmas desa.

Hadir dalam kegiatan itu, Babinsa, Babinkamtibmas dan petugas dari kantor Kecamatan Pagerwojo (Kasi Pemberdayaan Masyarakat dan Desa)

Kepada awak media, Kasi Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Reza Zulkarnain mengatakan, kegiatan peningkatan kapasitas terhadap satlinmas adalah pengaplikasian visi presiden dalam nawacitanya.

“Visi nawacita presiden di poin ke 3 mengatakan, membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan. Nah kegiatan ini juga sesuai dengan nawacita presiden. Jadi sangat perlu untuk dilaksanakan,” ujarnya.

Sementara menurut Kades Mulyosari Agil Wuisan, penguatan dan peningkatan kapasitas Satlimas meliputi beberapa hal. Diantaranya bagaimana menjaga situasi agar pelaksanaan pesta demokrasi tetap kondusif di tengah adanya perbedaan pilihan masyarakat desa.

Agil menjelaskan jika keberadaan linmas memiliki peran strategis untuk mensukseskan pemilu. “Khususnya di tingkat TPS dan penghitungan di tingkat PPK,” ungkapnya.

Keberadaan mereka juga bisa mengingatkan anggota KPPS jika terjadi kesalahan prosedur, sehingga pelanggaran di TPS bisa dicegah.

Namun yang paling penting, lanjut agil, keberadaan linmas ini bisa mengendalikan situasi ketertiban dan keamanan di tingkat TPS. “Karenanya dengan bimtek ini diharapkan mereka mengetahui apa yang harus dilakukan dan dikerjakan jika terjadi gangguan keamanan dan ketertiban tersebut.” Ungkapnya

Dijelaskan agil, masing-masing TPS nantinya akan ditempatkan 2 orang anggota linmas, sehingga di tiap TPS nantinya akan ada 9 orang masing-masing terdiri dari 7 orang anggota KPPS ditambah 2 orang anggota linmas.

“Tugas mereka nanti didalam TPS, mulai dari pemanggilan pemilih untuk masuk hingga keluar TPS,” jelas agil

Agil Wuisan menegaskan, kegiatan penguatan dan peningkatan kapasitas linmas ini, ialah semata-mata untuk mensukseskan pemilu dan pilkades di desanya.

“Desa Mulyosari harus mampu mensukseskan pemilu dan pilkades. Maka dari itu, penguatan dan peningkatan kapasitas satlinmas harus dilakukan dari sekarang,” pungkasnya. (Mo)

Leave A Reply

Your email address will not be published.