TNI Angkatan Laut Berikan 52 Kantong  Darah

SEMARANG,Harnasnews – TNI Angkatan Laut dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Polisi Militer TNI Angkatan Laut (HUT Pomal) ke-78 yang jatuh pada tanggal 20 Februari 2024 secara serentak di seluruh Indonesia akan menggelar rangkaian kegiatan donor darah, pembuatan SIM kolektif, penyuluhan hukum, operasi penegakkan ketertiban (Opsgaktib), do’a bersama, olahraga bersama dan syukuran. Selasa, 23/01/2024.

Menanggapi rangkaian kegiatan menyambut HUT Pomal tersebut, Pangkalan TNI Angkatan Laut Semarang (Lanal Semarang) bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia Kota Semarang (PMI Kota Semarang) menggelar donor darah yang diikuti oleh prajurit Lanal Semarang dan Jalasenastri Cabang 4 Korcab V DJA II, dengan mengundang instansi samping seperti Ditpolairud Polda Jateng, Satpol PP Kota Semarang, dan Taruna/Taruni binaan dari Lanal Semarang seperti Universitas Maritim Akademi Maritim Nasional Indonesia Semarang (UNIMAR AMNI Semarang), Akademi Pelayaran Niaga Indonesia Semarang (AKPELNI Semarang), Politeknik Maritim Negeri Indonesia Semarang (POLIMARIN Semarang).yang bertempat di Gedung Serba Guna Mandalika Mako Lanal Semarang Jl. R.E. Martadinata No.12, Tawangsari, Kec. Semarang Barat, Kota Semarang.

Dalam sambutan Komandan Puspomal Laksda TNI Samista, S.H. yang intinya “Penyelenggaraan donor darah saat ini merupakan sinergi antara Puspomal dengan Perhimpunan Donor Darah Indonesia (PDDI) serta PMI Jakarta dan PMI Bekasi dilaksanakan secara serentak di seluruh jajaran Pomal wilayah yang juga berkolaborasi dengan PMI di wilayah masing-masing.

Kegiatan ini bertujuan dalam rangka memperingati HUT Pomal ke-78 dan mensosialisasikan pentingnya donor darah yang dapat meningkatkan rasa kepedulian sosial seluruh jajaran Pomal, karena setetes darah ini akan dapat menolong jiwa manusia.

Sebanyak 52 kantong darah didapatkan, terdiri dari 100 orang pendaftar, 52 orang lolos memenuhi persyaratan donor darah, dan 48 orang tidak memenuhi persyaratan donor darah dikarenakan tekanan darah tinggi serta HB darah yang rendah.

Komandan Lanal Semarang Kolonel Laut (E) Joko Andriyanto, S.T., M.Tr. Hanla., M.A.P. mengatakan “Donor darah tersebut sangat penting dilakukan mengingat banyaknya kebutuhan akan darah dilingkungan masyarakat, serta untuk menjaga ketersediaan kantong darah yang cukup di PMI wilayah Kota Semarang.

Selain itu donor darah sangat banyak manfaatnya bagi tubuh kita seperti mengurangi resiko penyakit jantung, membakar kalori, menurunkan resiko kanker, meningkatkan produksi sel darah, menurunkan kolesterol, dan manfaat tubuh lainnya. Semoga kedepan Pomal semakin profesional, modern, dan tangguh dalam menjalankan tugas pokok TNI khususnya TNI Angkatan Laut”.

Kegiatan donor darah ini dihadiri oleh Ketua Cabang 4 Korcab V DJA II Ny. Saraswati Joko Andriyanto, Pjs. Palaksa Lanal Semarang Mayor Laut (S/W) Shanty Kristinawati, Dandenpom Lanal Semarang Mayor Laut (PM) Choirul Luqman, Ka Akun Lanal Semarang Mayor Laut (S/W) Anik Puji Mintaryati, para Perwira, Bintara, Tamtama, dan PNS Lanal Semarang.(Bud/Pen Lanal Smg)

Leave A Reply

Your email address will not be published.