Tumbuhkan SAR Preventif kepada Siswa, Basarnas Gelar SAR Goes to School

 


Banten,Harnasnews.Com  – Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) menggelar kegiatan SAR Goes to School (SGTS) di Kantor Pencarian dan Pertolongan Banten, yang berlangsung di Hotel Horison Forbis, di jl. Waringin Kurung, Cilegon, Banten, Rabu (9/5).

Melalui Forum Koordinasi Potensi Pencarian dan Pertolongan (FKP3) Tingkat Daerah dan Penyuluhan SAR Goes To School di Wilayah Kerja Kantor Pencarian dan Pertolongan Banten. Dalam kegiatan tersebut mengangkat tema “Kita Tingkatkan Profesionalitas, Sinergitas dan Edukasi SAR sedini mungkin guna Meningkatkan Kesiapsiagaan dalam menghadapi keadaan darurat, kecelakaan, bencana dan kondisi membahayan manusia”.
Dalam kegiatan ini peserta mendapatkan materi tentang SAR preventif dan diberikan kesempatan untuk merasakan beberapa teknik evakuasi yang biasa dilakukan oleh tim Basarnas.

Dengan pemberian materi tentang SAR Preventif ini siswa-siswi diharapkan mampu menyelamatkan diri mereka sendiri jika berada dalam kondisi membahayakan jiwa, seperti saat terjadi gempa bumi. Kegiatan yang dilakukan dalam SAR goes to School kali ini diantaranya ; simulasi gempa bumi dan teknik pemindahan korban, praktek evakuasi korban diketinggian dan teknik pertolongan korban dalam kedaruratan.

Deputi Bidang Bina Tenaga dan Potensi Pencarian dan Pertolongan, Agus Sukarno, SH., MM. didampingi Direktur Bina Potensi Basarnas, Marsekal Pertama TNI F Indrajaya berkenan hadir dalam kegiatan tersebut.
Agus Sukarno menyampaikan dalam sambutannya, bahwa perlu adanya satu pemahaman dalam tim. Sehingga dengan begitu, menurutnya Basarnas dalam pelaksanaannya ketika operasi SAR dilapangan akan berjalan dengan baik.

Leave A Reply

Your email address will not be published.