Untuk Meningkatkan Kualitas Demokrasi, KPU Bulukumba Gelar Rapat Multi Pihak

Nasional

Bulukumba, Harnasnews.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bulukumba menggelar Rapat Koordinasi bersama para stackholder di Cafe WOW Bakery, Jalan Lanto Dg. Pasewang, Caile, Selasa (16/3/2021).

Rapat koordinasi yang dihadiri pejabat yang mewakili Bupati, Kepala Kesbangpol Ahmad Arfan, Wakil Ketua DPRD Aminah Syam, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Ketua KPU Kaharuddin, Ketua Bawaslu Ambo Radde Junaid, perwakilan Kementrian Agama, perwakilan TNI dan Polri, Kepala Dinas Kominfo Serta para Perwakilan Partai Politik tersebut membahas evaluasi daftar pemilih pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bulukumba tahun 2020 serta koordinasi pemutakhiran Data Pemilih berkelanjutan tahun 2021.

Ketua KPU Bulukumba Kaharuddin menjelaskan, bahwa rapat yang digelar bertujuan untuk meningkatkan kualitas demokrasi di kabupaten Bulukumba agar kedepannya bisa lebih baik lagi. Kaharuddin juga menambahkan bahwa dalam teknis proses pengumpulan daftar pemilih di kabupaten Bulukumba tentunya mendapati beberapa kendala di lapangan sehingga membutuhkan kerja sama dari para stackholder.

Perlu diketahui bahwa rapat koordinasi tersebut rutin dilaksanakan per 3 bulan, sehingga itu menjadi perhatian Ketua Bawaslu Ambo Radde berharap agar kedepannya rapat Koordinasi dapat diselenggarakan setiap bulan.

Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) kabupaten Bulukumba Ahmad Arfan mengatakan,. bahwa pemerintah daerah sangat mengapresiasi kinerja dari KPU serta Bawaslu atas pertumbuhan partisipasi politik masyarakat Bulukumba dari tahun yang lalu hanya berada di angka 59 persen, tahun ini meningkat menjadi 70 persen lebih.

“tentunya ini menjadi suatu kegembiraan kita semua atas meningkatnya tingkat partisipasi politik masyarakat Bulukumba”. ungkap Ahmad Arfan.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Daud Kahal mengatakan bahwa pihaknya berterimakasih karena telah mengambil bagian dalam mensupport penyelenggara dalam hal penyebarluasan melalui media dikelola Diskominfo, contoh saat debat calon dan sosialisasi penyelenggara lewat talkshow di radio, kami memiliki follower saat debat antara 1200 sampai 1500. Demikian juga saat pelantikan Bupati dan Wabup. Diskominfo akan selalu siap untuk mensupport kegiatan penyelenggara, baik itu Live streaming, vidcon, reportase Radio Swara Panrita Lopi FM, serta portal website

“ini tentu kami lakukan untuk turut menyukseskan penyelenggaraan Pilkada”.ucap Kadis kominfo. (Hum/KBR)

Leave A Reply

Your email address will not be published.