Untuk Penanganan Stanting dan Gizi Buruk, Wabup Ajak Warga Sumbawa Makan Ikan

SUMBAWA, Harnasnews -Wakil Bupati Sumbawa H.Dewi Noviany, S. Pd., M. Pd, membuka acara sosialisasi perluasan gemari ikan dalam rangka penanganan stunting dan gizi buruk yang ada di Kabupaten Sumbawa. Pada kesempatan tersebut turut hadir Wakil DPR RI Komisi 4 H. Johan Rosihan, ST, Direktur Jenderal PDS PKP, OPD terkait dan para peserta sosialisasi, diselenggarakan di Hotel Cendrawasih Brang Biji, Rabu (24/01/2024)

Wakil Bupati Sumbawa menyampaikan, Kabupaten Sumbawa memiliki potensi perikanan yang cukup besar baik perikanan tangkap maupun perikanan budidaya, meski demikian besarnya potensi perikanan yang dimiliki Kabupaten Sumbawa belum sebanding dengan tingkat konsumsi ikan masyarakat Kabupaten Sumbawa.

Lanjut Hj. Novi sapaan akrab Wakil Bupati Sumbawa bahwa, pemanfaatan potensi Perikanan Kabupaten Sumbawa belum berbanding lurus dengan pemanfaatan dan konsumsi ikan yang dilakukan oleh masyarakat kita Hal ini disebabkan salah satunya Karena wilayah kabupaten Sumbawa yang sebagian besar berada di wilayah perbukitan dan pegunungan sehingga distribusi ikan relatif sulit dilakukan ke daerah-daerah tersebut

“Oleh karena itu, tepat kiranya kegiatan perluasan gemari ikan ini dilaksanakan di Kabupaten Sumbawa,” ujar Hj. Novi.

“Kami atas nama pemerintah dan masyarakat Kabupaten Sumbawa menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Kementerian Kelautan dan Perikanan RI yang telah memilih kabupaten Sumbawa sebagai lokasi perluasan gemari ikan,” sambungnya.

Tentunya hal ini tidak terlepas dari peran dari H. Johan Rosihan, ST, selaku anggota DPR RI dapil Pulau Sumbawa yang sejak dulu tetap konsisten memberikan perhatian terhadap Kabupaten Sumbawa.

Untuk diketahui, Pemerintah Kabupaten Sumbawa melalui Dinas Kelautan dan Perikanan telah melakukan berbagai upaya untuk menaikkan tingkat konsumsi ikan dengan melaksanakan berbagai program dan kegiatan diantaranya, sosialisasi gemari ikan di Desa-desa lokus stuting setiap tahunnya, pelatihan pengolahan ikan, memberikan makanan tambahan bagi ibu hamil, menyusui, balita dan anak sekolah, serta lomba masak serba ikan.

“Tentu ikhtiar kami untuk memasyarakatkan makan ikan melalui berbagai program dan kegiatan yang kami lakukan masih belum cukup memadai, minimnya anggaran pemerintah daerah menjadi hambatan untuk mengatasi persoalan tersebut,” beber Wabup perempuan pertama Kabupaten Sumbawa ini.

Oleh karena itu pemda Sumbawa sangat berharap anggaran-anggaran pemerintah pusat melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan RI.

“Lebih khusus kepada Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing produk Kelautan dan Perikanan dapat mensupport kami, kami juga berharap semoga program-program serupa seperti ini dapat terus dilaksanakan di Kabupaten Sumbawa,” imbuhnya.

Semoga Allah Subhanahu Wa Ta’ala senantiasa meridhoi Segala hal-hal baik yang telah kita ikhtiarkan bersama dalam rangka menjaga, membangun dan memajukan daerah yang kita cintai ini menuju Sumbawa Gemilang yang Berkeadaban,” tutupnya.(Hermansyah)

Leave A Reply

Your email address will not be published.