SORONG, Harnasnews – Wakil Presiden Ma’ruf Amin menyebut pembangunan pabrik kelapa sawit di Manokwari, Papua Barat, perlu dipercepat karena situasi darurat pascakebakaran pabrik sawit yang lama.

“Supaya dipercepat, sebab (pabrik kelapa sawit sebelumnya) Medco terbakar, jadi mereka (petani) tidak ada alternatif (menjual). Supaya dipercepat saja, darurat situasinya,” kata Wapres saat meninjau program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) di Kampung Wasegi Indah, Distrik Prafi, Kabupaten Manokwari, Papua Barat, Sabtu.

Wapres mengatakan program PSR di Manokwari merupakan program strategis nasional sebagai upaya pemerintah dalam meningkatkan produktivitas tanaman perkebunan kelapa sawit nasional.

Wapres menyampaikan bahwa program peremajaan sawit dilakukan guna menjadikan perkebunan sawit yang sudah tidak produktif, kembali produktif.

“Sawit di daerah ini (seluas) 9.000 hektare ini sudah mulai tidak produktif, karena sudah tua, kemudian dengan adanya peremajaan sawit dan sudah 2.021 hektare, ini suatu perubahan, supaya bisa produktif lagi dan hasilnya supaya besar lagi,” ujar Wapres, dikutip dari antara.