YM Dorong Jutaan Pengguna Paytren jadi Anggota Koperasi

JAKARTA,Harnasnews.Com –  Dukungan terhadap dunia koperasi makin menyeruak menjelang HUT Koperasi pada 12 Juli, salah satunya dari Ustadz Yusuf Mansur (YM) yang siap membawa gerbong Paytren (perusahaan layanan uang elektronik/e-money yang didirikannya pada 2014-red) ke ranah koperasi, berikut 3 juta pengguna/mitra Paytren akan diarahkan menjadi anggota koperasi.

“ Selamat kepada Koperasi dan akan merayakan HUT-nya ke 71, 12 juli mendatang, dan saya bersyukur dibawah pak Puspayoga, banyak kemajuan yang didapat koperasi dan UKM pada umumnya, terbukti dengan naiknya rasio wirausaha, kontribusi terhadap PDB yang meningkat, turunnya suku bunga KUR (Kredit Usaha Rakyat) dan terakhir turunnya tarif pajak menjadi 0,5 persen,” ujar Ustadz YM, di Jakarta, Rabu (5/7). malam

Kenapa paytren saya bawa ke dunia koperasi, karena koperasi adalah soko guru perekonomian kita, yang saya nilai sesuai dengan konsep uang kecil atau recehan yang jika disatukan melalui koperasi akan menjadi kekuatan yang dahsyat. Sayangnya, sampai saat ini konsep tersebut belum banyak dilakukan di dunia koperasi Indonesia. Koperasi kita masih banyak didominasi koperasi simpan pinjam walaupun itu juga kalau digerakkan bisa jadi gede sekali, tapi saya memang agak fokus untuk kemudian membawa koperasi ke ranah investasi,” katanya.

YM mengaku optimis dengan rencananya ini, karena selain sudah mendapat izin dari otoritas moneter (BI) pihanya juga sudah mendapat ijin dari pengawas jasa keuangan (OJK). “Dan sekarang saya mendapat dukungan Kemenkop dan UKM, rasanya itu sudah lengkap bagi saya untuk segera memajukan koperasi dengan menjadi investor,” katanya.

Dunia Investasi

YM menginginkan agar koperasi di Indonesia mengambil peran penting seperti menjadi investor bagi proyek-proyek raksasa sekaligus mampu mengelola entitas yang menguasai hajat hidup orang banyak. “Karena itu saya membawa visi misi bagaimana kemudian DNA bangsa kita, negeri kita, diri kita coba menjadi investor salah satunya lewat koperasi,” kata pimpinan Pondok Pesantren Daarul Quran Bulak Santri, Cipondoh, Tangerang ini.

Menurut dia, bahkan jika perlu setiap produk yang digunakan secara masal dan banyak digunakan apalagi strategis, harus dimiliki sahamnya oleh koperasi. “Sampai kemudian koperasi kalau bisa juga memegang saham industri fintech yang saat ini menjadi industri primadona. Koperasilah kalau bisa menjadi pemilik usaha-usaha yang menyentuh masyarakat banyak sehingga kita tidak dikuasai oleh kapitalis. Kapitalisnya adalah kapitalisasi umat dimana umat yang menjadi kapitalisnya, bukan perseorangan,” katanya.

YM pun kemudian bertekad meletakkan dasar perintisan koperasi yang terhubung dengan aset manajemen, modal ventura, perbankan, fintech, dan payment gateways. “Saya menggabungkannya dalam tubuh PayTren dimana koperasi menjadi backbone, roh, nyawa, dan sistem perjuangan di dalamnya,” katanya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.