Aditia Warman Lanjutkan Program Jaksa Agung Gelar Oprasi Katarak Dan Hernia

Kajati Babel Adtya Warman,SH,MH (rambut putih ) sebelah kiri, gubernur Babel Erzaldi Rosman, sebelah kanan.

Air Anyir,Bangka,Harnasnews.com – Kejaksaan Tinggi ( Kejati ) Kepulauan Bangka Belitung ( Babel ) menggelar kegiatan bakti sosial operasi katarak dan hernia secara gratis di Rumah Sakit Umum Provinsi( RSUP Dr (HC) Ir Soekarno.Air Anyir,Kabupaten Bangka,Provinsi Bangka Belitung ( Babel ).Jumat (25/10/2019).

Bakti Sosial Operasi Katarak ini merupakan kerjasama antara RSUP Dr (HC) Ir Soekarno dengan Kejagung RI,Kejaksaan Tinggi (Kejati) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung,serta 24 dokter spesialis mata berpengalaman se Indonesia dan digagas oleh Himpunan Bersatu Teguh (HBT) yang dipimpin dr Andreas dari Provinsi Sumatera Barat ( Sumbar ).

Kegiatan bakti sosial ini adalah kepeduluan Jaksa dalam kesehatan masyarakat merupakan program Jaksa Agung yang lama, kegiatan pertama yang dilakukan di RSUP Dr (HC) Ir Soekarno.

“Kejaksaan Tinggi Babel mengadakan operasi katarak ini berkerjasama dengan dokter spesialis mata se Indonesia dibantu oleh RSUP Soekarno Bangka Belitung. Semua dokter mata yang hadir berpengalaman ada 24 dokter,” ujar Kajati Babel, Aditya Warman SH,MH disela sela gelar operasi kataraki, Jumat (25/10/2019).

Aditia Warman,mengatakan antusias warga terhadap operasi katarak dan hernia ini disambut masyarakat Bangka Belitung dengan baik.

“Banyak pesertanya sekitar 304 lebih dan untuk hernia sekitar 42 peserta. Program ini program Jaksa Agung yang sudah lama untuk kepedulian kepada kesehatan masyarakat,” kata Aditya.

Untuk ke depannya, sambung Aditia Warman, kita akan jalankan terus menerus program ini, kalau bisa berkesinambungan.

“Targetnya sebanyak mungkin karena ini program lama dari Jaksa Agung. Semoga masyarakat yang kurang mampu dapat terbantu dengan operasi ini, ” tandasnya.

Kajati Babel Atitya Warman memantau langsung kegiatan operasi katarak di ruang operasi.

Kadinkes Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Mulyono mengaperasiasi kegiatan Kejaksaan Tinggi sudah mengadakan operasi katarak dan hernia secara gratis.

“Sebenarnya kegiatan ini luar biasa sekali.Kejaksaan peduli terhadap kesehatan masyarakat Bangka Belitung menjadi satu hal yang baru dan menjadi yang pertama di Provinsi ini. Apalagi tenaga medisnya yang hadir berpengalaman. Tentunya kami masyarakat khususnya pemerintah provinsi merasa sangat berterima kasih terselenggaranya acara ini, ” kata Mulyono.

Dikarenakan acara ini sangat bagus, Mulyono selaku Kadinkes berharap acara ini bisa berkelanjutan.

“Operasi katarak ini ada 500 an lebih dan terseleksi ada 304 untuk katarak dan 42 untuk hernia. Moga-moga apa yang kita lakukan ini bisa berkelanjutan karena tiap tahun akan ada kasus kasus ini. Tentunya harapan kitaapa yang disampaikan pak Gubernur Babel, Erzaldi Roesman agar program ini akan menjadi agenda rutin, ” imbuhnya.

Setelah pasien mendapat panggilan, mereka datang dan melakukan skrining untuk melihatapakah mereka layak atau tidak untuk menjalani tes katarak.

Beberapa tes yang harus dilakukan pasien antara lain adalah tes mata ( skrining ), melihat tekanan darah, dan juga gula darah. Setelah itu, barulah mereka boleh menjalani operasi katarak.

Ditempat yang sama Liau Moly ( 56) warga kelurahan Pangkalbalam, Pangkalpinang yang sedang antri untuk di operasi katarak mengapresiasi baksos yang diselenggarakan oleh Kejati Babel karena ini baru yang pertama kali operasi katarak dan hernia secara gratis

“Semoga amal baik para Jaksa mendapat ridho Allah, amin, dan kegiatan ini bisa dilanjutkan kembali pada tahun – tahun berikutnya,sebab kami merasa sangat terbantu”ujar Moly

Senada dengan Heri Purnama ( 54 ) pasien katarak,alhamdulillah dan ribuan trimakasih kami kepada Kejati Babel,Kejagung RI,RSUP serta para dokter spesialis mata yang telah melaksanakan gelar bakti sosial ini dan kegiatan ini sangat baik terhadap kepedulian kesehatan masyarakat

“Kami berharap gelar bakti sosial ini bisa berlanjut kembali, sebab ini sudah sangat besar bantuan yang diberikan kepada masyarakat Babel”papar Heri Purnama

Terkait pengurusan administrasi betul betul luar biasa karena persyaratan untuk ikut dalam bakti sosial operasi katarak tidak sulit dan benar – benar dibantu baik dari Puskesmas hingga ke Kejarinya

“Bakti sosial yang di gelar pihak Kejaksaan memang luar biasa,agar program ini bisa berlanjut demi kesehatan warga Bangka Belitung” Harap Heri Purnama.( Ngadianto Asri )

Leave A Reply

Your email address will not be published.