AKBP Dony Alexander Melihat Warga Yang Terkena Musibah Seusai Normalisasi Sungai

Pasuruan,Harnasnews.com –  Dalam meminimalisir kejadian bencana banjir yang sudah melanda wilayah Pasuruan baik di wilayah Kota ataupun Kabupaten, Polres Pasuruan Kota mengadakan kerja bhakti normalisasi sungai.

Kegiatan yang dilakukan di Sungai Petung, Dusun Petung, Kelurahan Bakalan, Kecamatan Bugul Kidul, Kota Pasuruan, pada selasa (07/01) di mulai pukul 07.00 WIB, di pimpin langsung oleh AKBP Dony Alexander selaku Kapolres Pasuruan Kota, Wakapolres Kompol Mario Prahatinto, PJU Polres Pasuruan Kota, Kapolsek Jajaran Polres Pasuruan Kota, dan Personil Gabungan Polres Pasuruan Kota.

Nampak juga Dinas PUPR Kota Pasuruan, Camat Bugul Kidul H. Ilyas, Danramil 0819/01 Kota Pasuruan Kapten Inf Eka Hadiyanto, BPBD Kota Pasuruan, dan TAGANA Kota Pasuruan.

Dalam kegiatan sampai mendatangkan 1 unit Exafator yang di fungsikan untuk menggali sungai yang dangkal, Exafator juga di gunakan untuk mengembalikan kelebaran sungai pada keadaan semula, akibat endapan lumpur, sampah, dan juga ranting pohon.

Para personil juga yang hadir saling berkerja sama untuk mengangkut sampah yang telah di angkat agar tidak masuk kembali ke dalam sungai.

Terlihat Sinergitas yang kental antara POLRI, TNI, dan Stake Holder terkait yang saling bahu membahu untuk menjalankan tugasnya, yang bertujuan untuk meminimalisir bencana banjir.

AKBP Dony Alexander menyampaikan Kami dari Polres Pasuruan Kota bersama stakeholder terkait dari unsur TNI, BPBD dan juga dari Tagana wilayah kecamatan Bugul Kidul melebarkan juga mengeruk sungai yang dangkal agar bisa meminimalisir bencana banjir yang sering terjadi, ini bertujuan agar bisa menhindari banjir akibat dari air bah yang datang dari hulu.

Saat beraudeince dengan awak media Kapolres menyampaikan “kegiatan ini akan di lakukan secara bertahap di wilayah wilayah yang sudah berlangganan banjir, dan tidak menutup kemungkinan kami juga akan mengikut sertakan masyarakat setempat supaya hasilnya lebih maksimal.”

“Saya menghimbau agar masyarakat lebih sadar lingkungan dengan tidak membuang sampah di sungai agar tidak terjadi pendangkalan di sungai juga mengakibatkan aliran tersumbat sehingga terjadi bencana banjir.” Pungkas AKBP Dony.

Selesai acara normalisasi sungai sekira pukul 09.45 WIB, AKBP Dony Alexander menyempatkan waktu untuk melihat warga yang terkena musibah atap rumahnya ambruk akibat di terpa hujan di sertai angin yang berada di Desa Selotambak, Kecamatan Kraton, Kabupaten Pasuruan.

Pada kunjungan ke warga yang terkena musibah AKBP Dony Alexander selaku Kapolres Pasuruan bersama dengan AKP Teguh Taviyarno selaku Kapolsek Kraton, dan PJU Polres Pasuruan Kota.

Di lokasi Kapolres meninjau lokasi dan melihat beberapa ada bangunan yang sudah tidak layak juga rapuh akibat termakan usia.

Dalam kesempatan ini AKBP Dony Alexander memberikan santunan dan batuan kepada pemilik rumah, dan tampak juga hadir Kapten Ahmad Safi’i selaku Danramil Kraton di temani H. Mauludin selaku Kades Selotambak.

AKBP Dony Alexander meminta agar Kades selotambak bisa mengerahkan warga untuk kerja bhakti supaya bisa segera membangun rumah yang ambruk tersebut, dan menyarankan Kades untuk mengusulkan pemilik rumah agar mendapatkan bantuan dari Pemerintah Desa (Pemdes) ataupun Pemerintah Daerah.(hid)

Leave A Reply

Your email address will not be published.