Anggarkan 40,35 Miliar di 2017, LPDB Kembali Ajak KUMKM Aceh Manfaatkan Dana Bergulir

Aceh,Harnasnews.Com  – Sejak tahun 2008 hingga 2017, Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB) KUMKM telah menyalurkan sebanyak Rp21.650.000.000,- di provinsi Aceh. Pada 2017 lalu, LPDB mengalokasikan anggaran dana bergulir sebesar Rp40.35 miliar untuk KUMKM di Provinsi Aceh. Namun Direktur Utama LPDB-KUMKM Braman Setyo, mengungkapkan bahwa tidak ada satu pun proposal pengajuan pinjaman dana bergulir yang masuk dari KUMKM Aceh di tahun 2017, khususnya sektor produktif.

Mengingat potensi sektor produktif di provinsi Aceh yang cukup besar, maka realisasi penyerapan dana bergulir tersebut sangat disayangkan. Untuk itu, LPDB kembali mensosialisasikan program penyaluran dana bergulir, sekaligus memberikan bimbingan teknis tentang tata cara mengakses dana bergulir LPDB kepada KUMKM di Aceh.

“Kami ingin menggali sektor-sektor produktif yang ada di Provinsi Aceh. Selama ini hampir 70% pembiayaan kita pada simpan pinjam. Oleh karena itu, sektor produktif ini memiliki nilai tambah yang cukup besar, sehingga akan menjadi konsentrasi LPDB kedepannya,” kata Braman dalam acara pembukaan Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Program Inklusif LPDB-KUMKM di

Braman juga mengungkapkan bahwa selama ini Aceh merupakan yang terkecil ke-30 dari 34 provinsi yang menyerap pembiayaan dana bergulir LPDB. “Sehingga kami berharap dengan memiliki sektor produktif seperti kopi, nilam, karet, sawit dan sebagainya bisa mendapatkan alokasi dana yang cukup besar,” harap Braman.

Leave A Reply

Your email address will not be published.