Banjir PGP Surut, Warga Mulai Membersihkan Rumah Dan Tokonya

KOTA BEKASI, Harnasnews.com – Pasca banjir yang melanda perumahan Pondok Gede Permai, di Jatiasih, warga mulai kembali dari pengungsian sementara ke rumah dan tokonya. Mereka kembali membersihkan sisa-sisa banjir yang meninggalkan sampah dan lumur.

Bambang, salah satu warga PGP menuturkan bahwa selama dirinya tinggal di perumahan itu, ia mengaku sudah terbiasa dalam kondisi seperti itu.

“Jadi kalau untuk banjir, kita sudah tidak kaget ya, karena banjir kota juga tidak sampai berhari-hari, jadi untuk saya sendiri sih wajarlah,” kata Bambang saat diwawancara media pada Kamis (17/02/22).

Air datang sejak pukul 23:00 wib dan mulai surut pagi harinya sekitar pukul 06:00 wib. Ia mendapatkan info naiknya ketinggian air dari grup yang memberikan informasi perkembangan bendungan di Katulampa Bogor.

“Saya sudah bersiap sejak ada info air mau datang ke sini, jadi barang dagangan saya sudah gak ada di sini, tinggal yang ada di rak atas saja,” kata Bambang.

Ia bersama istrinya membersihkan toko tempat ia berjualan. Sisa lumpur pun nampak hingga ke dalam toko dengan ketinggian 30 cm, padahal tokonya tersebut cukup tinggi dari jalan raya.

“Kalau untuk di jalan sekitar 1,5 meter hampir 2 meter lumpur campur sampah,” katanya.

Ia sendiri hanya mengharapkan bantuan untuk membersihkan lingkungan. Bagi sebagian warga, sebelum banjir tiba, mereka telah bersiap dengan berbagai persiapan logistik untuk keluarganya.

“Untuk bantuan saya rasa, kalau disini yang penting bersih-bersih saja bantuan yang pertama, terutama ketika banjir sudah surut, karena biasanya kami persiapannya sudah matang,” tukasnya. (Mam)

Leave A Reply

Your email address will not be published.