DPR Dukung Anak Muda Kembangkan Ide Kreatif di Era Digital

JAKARTA, Harnasnews  – Ketua Komisi 1 DPR Meutya Hafid mendukung anak muda Indonesia di era digital saat ini, bisa mengembangkan ide-ide kreatifnya, salah satunya menjadi konten kreator.

“Era digital ini harus menjadi kesempatan emas bagi anak muda terutama di era pandemi, industri digital menjadi peluang dalam melahirkan kreator-kreator digital. Saya juga mendukung penuh anak muda untuk memaksimalkan potensinya, salah satunya menjadi youtuber, kata Meutya Hafid dalam keynote speakernya pada acara webinar Ngobrol Bareng Legislator bertajuk Tren Konten Kreatif di Era Digital, Jumat (24/3).

Webinar via zoom yang diselenggarakan DPR bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) diikuti 250 mahasiswa dari wilayah Sumatera Utara dan sebagian wilayah Jabodetabek. Adapun nara sumber webinar ini adalah, Dirjen Kemkominfo, Semuel Abrijani Pangerapan dan Konten Kreator, Amien Ashal.

Meutya Hafid yang juga politisi senior Partai Golkar itu mengatakan, pandemi Covid-19 berdampak kepada berbagai sektor, salah satunya ekonomi yang terpuruk. Namun di sisi lain menurut dia, pengguna internet meningkat tajam karena masyarakat banyak beraktivitas di dalam rumah akibat pembatasan sosial.

“Bagi masyarakat, khususnya anak-anak muda ini harus menjadi peluang untuk terus berkarya dan membuat konten dengan memanfaatkan media dan teknologi yang ada seperti YouTube, Facebook, Instagram dan media sosial lainnya,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Dirjen Aptika Kemkominfo, Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan, literasi digital menjadi salah satu faktor kunci memanfaatkan kesempatan atau peluang baru di tengah pergeseran teknologi. Ia memandang bahwa ruang digital sudah menjadi bagian dari realitas kehidupan manusia.

“Situasi pandemi COVID-19 memang telah mendorong masyarakat untuk terus mempercepat adopsi teknologi digital yang mengakibatkan adanya peningkatan kegiatan masyarakat yang cukup besar di ruang digital,” ujar Semuel.

Sementara itu, Konten Kreator, Amien Ashal dalam paparannya memberikan tips agar survive untuk menjadi konten kreator salah satunya adalah mempertahankan personal branding. “Viral sekali mudah tapi untuk bertahan jangka lama itu yang susah,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Amien Ashal, perlu juga dibangun kedekatan dengan followers. “Dengan menciptakan atau mengikuti tren,” lanjutnya. (Red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.