Ekstrakulikuler Entrepeneur Milenial Menjadi Unggulan SMAN 1 Puri,Ini Prestasi Yang Dihasilkan

Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Jatim, Aries Agung Paewai

SURABAYA,Harnasnews – Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Jatim, Aries Agung Paewai mengapresiasi ekstra kurikuler unggulan SMAN 1 Puri, Enterpreneur Milenial (EM). Ekskul ini memfokuskan siswa pada pembelajaran berbasis teknologi seperti Design Grafis, Fasion Design, Game Developper, Digital Marketing, Editing Video dan Robotik. Ekstrakulikuler ini bekerja sama ITS.

“Hari ini saya berkesempatan meninjau langsung ekstrakulikuler unggulan Entrepeneur Milenial. Di mana siswa dipersiapkan kompetensinya untuk dapat menangkap peluang dan kesempatan di sektor teknologi. Ini perlu, karena saat ini kita dihadapkan pada perubahan teknologi dan revolusi industri yang semakin canggih,” jelasnya saat mengunjungi SMAN 1 Puri Kabupaten Mojokerto, Sabtu (16/9).

Dalam giat ini, Aries juga meninjau beberapa karya literasi yang dibuat Guru dan Tenaga Kependidikan dan siswa berupa buku antalogi. Saat ini, koleksi buku yang dimiliki sekolah sendiri lebih dari 105 buku. Selain antalogi buku, sekolah juga mewajibkan siswa untuk aktif dalam penyusunan Karya Tulis Ilmiah (KTI) sebagai syarat kelulusan.

“Di sini syarat kelulusan siswa diwajibkan membuat Karya Tulis Ilmiah (KTI) secara kelompok. Ini menarik karena menumbuhkan jiwa penelitian siswa, juga kerjasama antar siswa dalam memecahkan persoalan melalui studi kasus karya ilmiah,” tandasnya.

Pria yang juga menjabat Pj Wali Kota Batu ini juga menyapa beberapa GTK yang tengah melaksanakan tugas bimbingan Olympiade Sains Nasional (OSN) di 9 bidang lomba. Diantaranya, Informatika, Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Kebumian, Ekonomi, Geografi dan Astronomi.

Sementara itu, Kepala SMAN 1 Puri, Herni Sudar Peristiwanti mengungkapkan sejak dua tahun terakhir dibentuknya ekskul EM ini mewadahi siswa yang sudah memiliki keterampilan berbasis IT untuk bisa mengembangkan dan berinovasi.

“Sehingga ketika mereka melanjutkan ke pendidikan tinggi, sudah memiliki bekal untuk bisa berwirausaha secara mandiri dan membuka lapangan pekerjaan buat yang lain. Insya allah bisa membantu biaya pendidikannya sendiri, otomatis juga membantu orang tuanya,” ujar dia.

Pada kesempatan ini, pria kelahiran Makassar ini juga berkesempatan meninjau Ajang olahraga bergengsi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Timur yang digelar di venue Castle Arena milik SMA Negeri 1 Puri. Di hari terakhir ini, cabor IBCA MMA dipertandingkan. Selain itu, ada juga cabor yudo yang juga dipertandingkan pada 10-13 September lalu.(Pul)

Leave A Reply

Your email address will not be published.