Gara-gara Solar Langka, Ratusan Hektare Padi di Kabupaten Bekasi Terancam Busuk

 

BEKASI, Harnasnews – Ratusan hektare padi siap panen di Kabupaten Bekasi terancam busuk. Pasalnya, saat ini petani sulit mendapatkan solar bersubsidi untuk bahan bakar mesin pemotong padi.

Kegundahan petani ini dituangkan melalui aksi unjuk rasa di SPBU 3417205, Jalan Boulevard Harapan Indah, Kecamatan Tarumajaya, Kabupaten Bekasi, belum lama ini. Dalam aksinya, mereka mempertanyakan soal kelangkaan solar bersubsidi di SPBU tersebut.

“Kami datang untuk meminta perhatian pemerintah atas kelangkaan solar yang terjadi di SPBU ini,” kata Nomir (49), salah satu peserta aksi.

Dia mengatakan, Balai Penyuluh Pertanian (BPP) merekomendasikan kepada petani agar membeli solar bersubsidi di SPBU 3417205 sejak empat bulan lalu. Namun beberapa hari ini, SPBU tersebut mengalami kelangkaan solar.

“Karena di lokasi kami sedang ada panen, sedangkan panen raya itu lahannya pada kebanjiran, makanya kami butuh pakai mesin combine biar ngangkut panennya cepat, kalau enggak segera lama-lama busuk padinya,” ucapnya.

Menurut Nomir, kelangkaan solar bersubsidi ini sudah terjadi sekitar sepekan yang lalu. Beberapa petani terpaksa memanen padi dengan cara manual sehingga menguras waktu dan tenaga.

Leave A Reply

Your email address will not be published.