Harga Jual Tidak Sebanding, Pengusaha Ayam Potong Merugi Miliaran Rupiah

Peternak ayam potong (Foto: Net)

JAKARTA, Harnasnews.com – Gabungan Organisasi Peternak Ayam Nasional (Gopan) mengklaim bahwa stok ayam untuk bulan bulan Ramadhan dipastikan berlebih. Saat ini stok ayam di cold storaga atau rumah potong rata-rata mencapai 63 juta per bulan. Sedangkan kebutuhan konsumsi daging untuk sekali nasional hanya sekitar 58 juta sampai 60 juta perbulan.

Hal itu dikatakan Sekjen Gopan, Sugeng Wahyudi Sugeng ketika dihubungi, Minggu (3/13). Namun demikian, ia juga tidak memungkiri bahwa dibalik itu ada kerugian besar dialami para peternak ayam potong (broiler) rakyat dan mandiri. Kerugiaan para peternak diduga bisa mencapai Rp 1,3 miliar.

“Jadi menurut saya stok daging ayam untuk bulan Ramadhan tidak kurang malah berlebih. Tapi karena stok ayam berlebih justru berimbas pada harga jual ayam yang menurun untuk saat ini,” katanya.

Menurut Sugeng, kerugian ini sudah dialami oleh peternak sejak Januari sampai Maret 2019. Para pertenak mengalami kerugian sekitar Rp 4000 per Kilogram (kg) sampai Rp 5000 per kg.

Leave A Reply

Your email address will not be published.