Hari Terakhir Pengajuan Bacaleg Ke KPUD Kota Bekasi, Masih Ada 3 Partai Yang Belum Mendaftar

KOTA BEKASI, Harnasnews.com – Ketua KPUD Kota Bekasi Nurul Sumarheni menjelaskan hingga hari terakhir pendaftaran Bacaleg oleh partai peserta pemilu 2024 telah mencapai 90 persen dan masih menunggu hingga pukul 23:59 wib, Minggu (14/05/23).

“Ini sudah hari terakhir ya untuk penerimaan pengajuan Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) dari Partai Politik kepada KPUD Kota Bekasi, tersisa 4 partai yang belum menyerahkan berkas berarti sudah 15 partai politik yang sudah menyerahkan berkas-berkasnya,” ujar Ketua KPU Kota Bekasi Nurul Sumarheni kepada media.

Sedangkan untuk partai yang belum mendaftarkan para Bacalegnya ialah Partai Buruh, Partai Garuda serta PBB. Namun, partai Garuda hingga saat ini belum melakukan konfirmasi kehadiran.

“Kami sampai saat ini masih menunggu konfirmasi dari pihak partai Garuda terkait kedatangan ke KPUD Kota Bekasi. Kami juga bersurat secara khusus kepada partai Garuda bahwa hari ini adalah hari terakhir pendaftaran,” imbuhnya.

Dari semua partai peserta pemilu yang telah mendaftarkan Bacalegnya, seluruhnya mengajukan 50 Bacaleg dengan 30 persen quota Bacaleg perempuan.

“Iya betul, sampai saat ini semuanya full mengajukan semua kursi. Termasuk 30 persen jumlah wanita,” tukasnya.

Sekedar diketahui bahwa pengajuan Bakal Calon Legislatif telah dibuka sejak 1 Mei hingga 14 Mei 2023, setelah sebelumnya mendaftar lewat website https//silon.kpu.go.id/. sedangkan pada tahapan verifikasi akan dimulai pada Senin 15 Mei hingga Jumat 23 Juni 2023 mendatang.

KPU Kota Bekasi juga akan memberikan waktu untuk pengajuan perbaikan data dari partai peserta pada 26 Juni hingga 9 Juli 2023. Kemudian KPU akan kembali melakukan Verifikasi Perbaikan Dokumen Persyaratan Bakal Calon pada 10 Juli hingga 6 Agustus 2023, sekaligus penyusunan Daftar Calon Sementara (DCS).

Pengumuman Daftar Calon Tetap (DCT) sendiri akan dilakukan pada akhir tahun yaitu pada 4 November 2023. (Mam)

Leave A Reply

Your email address will not be published.