Kemenkop dan UKM Ajak KSPPS BTM Berdayakan Ekonomi Masyarakat

BANDAR LAMPUNG,Harnasnews.Com – Kementerian Koperasi dan UKM mengajak  KSPPS Baitul Tanwim Muhamadiyah (BTM) untuk memberdayakan perekonomian  masyarakat khususnya yang berbasis  syariah/ekonomi umat.

” Persyarikatan Muhamadiyah sebagai lembaga induk dan jaringan lembaga ekonomi yang berbasis syariah memiliki potensi besar dan strategis dalam perekonomian nasional antara lain kontribusi nyata KSPPS/LKMS  dalam pemberdayaan masyarakat dan UKM anggota koperasi,” ujar Menkop dan UKM Puspayoga, dalam sambutannya yang dibacakan Sesmenkop dan UKM  Meliadi Sembiring,  pada Konsolidasi Nasional Lembaga Keuangan Mikro Muhamadiyah dan RAT Induk KSPPS BTM ke 8, di Bandar Lampung, Senin (7/5/2018).

Dengan jaringannya yang luas, dari pusat sampai kecamatan/ranting,  organisasi Muhamadiyah diharapkan dapat mendukung pemberdayaan ekonomi masyarakat sekaligus mendukung peningkatan akses pembiayaan syariah bagi para pelaku usaha mikro dan kecil.

” Karena itu kami menyambut baik pelaksanaan konsolidasi nasional  LKM Muhamadiyah yang menghadirkan tiga pilar yaitu Jaringan Saudagar Muhammadiyah sebagai asosiasi UMKM, pengurus KSPPS/LKMS sebagai lembaga keuangan mikro syariah dan para akademisi dari PT Muhammadiyah,” tambah Puspayoga.

Acara itu juga dihadiri, Ketua PP Muhamadiyah Marpuji Ali, Asisten Gubernur Lampung Heri Sulistianto,  Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Lampung Marzuki Noor, dan Ketua Umum Induk KSPPS BTM, Ahmad Suud.

Puspayoga mengingatkan agar koperasi yang tergabung di jaringan Persyarikatan Muhammadiyah untuk melaksanakan RAT tepat waktu, meningkatkan peran pengawasan internal oleh DPS (dewan pengawas syariah) agar kepatuhan prinsip pengelolaan syariah tetap terjaga. Selain itu juga mengupayakan pendidikan anggota dan sertifikasi kompetensi pengelola KSPPS/LKMS sesuai Kepmenaker no 193/2017 tentang SKKNI pengelola KSPPS/LKMS Koperasi.

Ekonomi Digital

Lebih lanjut Puspayoga mengatakan, saat ini kita telah memasuki era ekonomi digital.

Leave A Reply

Your email address will not be published.