Kementerian ESDM Catat 318 Peserta Daftar Konversi Motor Listrik

Kemudian, terkait dengan pembangunan infrastruktur EBTKE seperti penerangan jalan umum tenaga surya (PJUTS).

“Misalkan untuk kegiatan PJUTS proses pengadaan untuk 20.607 unit sudah selesai sekarang dalam proses sudah berkontrak, dalam persiapan untuk dimobilisasi ke lapangan. Kami masih menyelesaikan untuk sisanya sekitar 11.000 yang sekarang masih dalam proses pembukaan blokirnya,” ucap Dadan, dilansir dari antara.

Sebelumnya, terdapat blokir anggaran yang cukup besar pada Ditjen Ketenagalistrikan untuk kegiatan clean cooking untuk rumah tangga, Ditjen EBTKE untuk kegiatan PJUTS, dan Ditjen Migas untuk kegiatan konverter kit (konkit) nelayan dan petani.

Selanjutnya, pembangunan alat penyalur daya listrik (APDAL). “Ini pun pengadaannya sudah selesai, ini khusus dilakukan di wilayah-wilayah yang cukup sulit di Papua sehingga dalam proses pelaksanaannya kami bekerja sama dengan pihak TNI bersama dukungan dari PLN,” kata Dadan.

Lalu, pembangunan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) terpadu yang dibangun di 10 lokasi.

“Kemudian PLTS terpadu ini merupakan usulan dari Komisi VII (DPR RI) untuk menggeser anggaran PLTS atap di 2023 ini menjadi PLTS terpadu dan kami lakukan di 10 lokasi dan sekarang sudah selesai pengadaannya,” ujarnya. (qq)

Leave A Reply

Your email address will not be published.