Ketua Komisi XI DPR Sebut Ekonomi Indonesia Menuju Pemulihan

JAKARTA, Harnasnews.com – Ketua Komisi XI DPR Dito Ganinduto menyebut memasuki triwulan II, tren pertumbuhan ekonomi nasional menuju arah pemulihan secara konsisten. Menurutnya, hal ini ditunjukkan dari sejumlah indikator, seperti ekspektasi konsumen, penjualan eceran, Purchasing Managers Index (PMI) manufaktur, sampai realisasi ekspor-impor yang naik.

Dito mengakui pandemi Covid-19 memang berdampak pada banyak sektor seperti kesehatan, sosial, perekonomian, sampai keuangan. Namun, ia juga mengakui pemerintah telah mengeluarkan banyak kebijakan extraordinary untuk melindungi masyarakat dari dampak pandemi Covid-19 ini.

“Meskipun pembiayaan dan defisit APBN saat ini harus dilakukan namun, masih dalam kondisi yang terukur dan tetap dijaga keberlanjutannya,” kata Dito dalam keterangan, Rabu (9/6).

Politikus Partai Golkar ini menilai ada pemahaman yang keliru terkait pembangunan yang tidak maju dan meningkatnya besaran utang pemerintah. Menurutnya, hal itu perlu dilihat secara terukur berdasarkan kondisi yang ada saat ini. Dito mengatakan, pada 2020, dilakukan pelebaran defisit untuk merespons dampak Covid-19. Yakni melalui belanja pemerintah dan Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang terealisasi sebesar Rp 571,88 triliun.

Leave A Reply

Your email address will not be published.