iklan iklan

Komnas Pendidikan Jawa Timur  Gandeng  Penerbit Buku Berkualitas

Pendidikan

SURABAYA,Harnasnews.com – Komnas Pendidikan merupakan lembaga yang bersifat Independen dan mitra pemerintah yang memiliki peran dan fungsi sebagai Lembaga Pengawasan, Pemantauan dan Pengkajian terhadap pelaksanaan kebijakan Sistem Pendidikan Nasional.

Komnas Pendidikan mempunyai visi yang luar biasa yaitu “Menjadi bangsa yang berkarakter unggul, cerdas, dan berdaya saing global”. Mencermati rumusan visi ini terkesan bahwa ini buah pemikiran yang luar biasa agar menghasil sesuatu yang luar biasa.

Adapun visi yang dimaksud adalah:

1) Mengupayakan terciptanya pemerataan kesempatan memperoleh pendidikan    yang bermutu bagi seluruh rakyat Indonesia;

2) Meningkatkan keprofesionalan dan akuntabilitas lembaga pendidikan sebagai  pusat  pembudayaan ilmu pengetahun dan pembentukan karakter bangsa;

3) Mengupayakan pemberdayaan kehidupan masyarakat Indonesia;

4) Mengupayakan kepedulian segenap komponen bangsa untuk turut serta,  mencerdaskan dan memberdayakan kehidupan bangsa melalui peningkatan pendidikan yang berkualitas, serta

5) Mengupayakan terciptanya fungsi pengawasan yang independent.

Kunjung Wahyudi yang memandegani Komnas Pendidikan Jawa Timur selalu dan terus melakukan terobosan untuk memajukan pendidikan yang berkualitas dan kali ini telah melakukan MoU dengan PT. Praditha Mediatama Jakarta, yang bergerak di bidang penerbit buku ajar yang berkualitas. Menurut Kunjung Wahyudi, “kerja sama ini mengacu pada “Pentingnya Kompetensi Sains Nasional yang dapat memicu dan memacu siswa bermental juara dalam Olimpiade Sains Nasioanal maupun internasional”

Lebih lanjut Kunjung yang dosen ITS ini menjelaskan “Lomba Kompetisi Sains Nasional (KSN) yang diselenggarakan secara rutin setiap tahunnya oleh Kementerian Pendidikan Nasioanl melelui Dinas Pendidikan setempat yang biasanya dimulai bulan Februari, lomba antar sekolah di Kecamatan, kemudian juaranya akan mewakili lomba jenjang Provinsi, kemudian pemenangnya menjadi utusan lomba tingkat nasional yang berakhir di bulan Juli/Agustus, baik di jenjang SD/MI, SMP/MTs hingga jenjang SMA/MA dan selanjutnya akan diutus sebagai wakil Indonesia pada Kompetisi Sains di Tingkat Internasional”(Red/Adi.S)

Leave A Reply

Your email address will not be published.