Masih Minim Pengusaha Dalam Menggunaan Tol Laut

SUMBAWA, Harnasnews – Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan meluncurkan program tol laut. Konsep tol laut pada prinsipnya adalah pelayaran secara rutin dan terjadwal dari barat sampai ke timur Indonesia untuk memperkuat jalur pelayaran dan mendukung proses pengangkutan logistik. Segala proses distribusi barang akan semakin mudah dan dapat lebih merata ke daerah-daerah terpencil.

Untuk Kabupaten Sumbawa, tol laut sudah ada sejak 2019 lalu, namun efektif berjalan 2020. Hal ini diungkapkan Kadis Koperasi UKM Perindag Kabupaten Sumbawa melalui Kabid Perdagangan, Iwan Setiawan M.Si yang ditemui di ruang kerjanya, Jumat (1/7).

Ia mengakui bahwa masih minim pengusaha di Sumbawa yang menggunaan tol laut. Padahal banyak manfaat yang diperoleh, karena biaya pengiriman barang dari Jawa menuju Sumbawa mendapat subsidi dari pemerintah sampai 50%.

Iwan menyebutkan ada tiga perusahaan penerima barang (consignee) yang sudah beberapa tahun ini memanfaatkan layanan tol laut. Yaitu CV Sumber Mas, PT Indoraya Perkasa Logistik, dan Airav Putra. Masih minimnya pengusaha memanfaatkan layanan tol laut ini, karena beberapa alasan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.