Masuk Dalam Kawasan Hutan, Begini Pengakuan Jamaluddin Penerima Konpensasi Rp 67 juta

Nasional

SUMBAWA,Harnasnews.com – Jamaluddin warga yang berdomisili di Desa Baru Tahan Kecamatan Moyo Utara Kabupaten Sunbawa ini secara blak- blakan bahwa dirinya telah menerima anggaran konpensasi dari pembangunan jalan samota tahun 2015 lalu senilai Rp 67 juta.

Menurutnya, ada yang lucu saat itu. Dimana tim sudah turun dan mengukur lahannya di desa kukin. Dan tim mengatakan kepada dirinya bahwa lahan miliknya tidak masuk dalam kawasan hutan.

“Saat tim bilang begini. Lahan bapak harus dibayar. Karena tidak masuk dalam kawasan hutan,”ungkap Jamaluddin kepada wartawan media ini beberapa waktu yang lalu.

Lanjutnya, setelah diukur beberapa bulan akhirnya saya dapat anggaran dari pembebasan lahan saya dari pemerintah yakni sebesar Rp 67 juta. Namun, hal tersebut tidak berselang lama. Saya dipanggil oleh sekda sumbawa saat itu. Dan meminta saya untuk mengembalikan uang tersebut.

“Saya katakan saat itu. Dari pada saya harus kembalikan lebih baik saya masuk penjara. Karena uang tersebut sudah saya kasih ke ibu saya untuk umroh,” tukas Jamaluddin

Tambanhnya, saat dikantor Bupati juga saya ditanyakan uangnya itu untuk apa saja? Dan saya jelaskan saat itu bahwa uang tersebut sudah saya pakai untuk umroh ibu saya. Karena sudah saya niatkan,”jamaluddin dengan nada geram

Sambungnya, namun beberapa tahun berikutnya saya kembalikan Rp 11 juta saja.

“Nah, yang lucu saat pengembalian uang Rp 11 juta tersebut kepada pak surbini (kasi di bagian pertanahan red) saat itu bilang begini.”uang ini nanti juga akan kita kembalikan lagi sama pak jamakuddin,”tiru jamaluddin.

Terpisah Kabag Pertanahan Setda Sumbawa Khaeruddin dihubungi media ini mengatakan bahwa hal tersebut benar adanya. Dan hal tersebut ada buktinya di pak surbini.

“Coba hubungi pak Surbini. Karena dia yang punya pekerjaan saat itu. Karena saya lagi diluar,”singkatnya .

Seperti diketahui bahwa persoalan tentang pembayaran konpensasi tanah samota terus menjadi perhatian banyak pihak. Pasalnya pemerintah daerah tidak hati – hati dalam menggunakan anggaran yang bersumber dari APBD. Dan juga seharusnya Aparat Penegak Hukum (APH red) bergerak untuk menyelidiki informasi tersebut.

Selain itu juga bahwa tahun ini Kabupaten Sumbawa mendapat anggaran dari pusat untuk pembangunan jalan samota dengan nilai Rp 35 miliar dengan panjang kilo meter. Namun ditengah perjalan pembangunan jalan samota tersebut terhenti yakni pada segmen satu yang berlokasi di dusun aibari desa Kukin Kecamatan Moyo Utara Kabupaten Sumbawa. Karena masih adanya masalah tentang kawasan apakah masuk atau diluar kawasan hutan. Dan hingga saat ini agus salim terus memperjuangkan haknya lewat pengacara muda bernama Febrian Anindita,SH,MH. Baru – baru ini BPKH Wilayah VIII Denpasar turun untuk mencari titik lokasi apakah lahan agus salim masuk atau diluar kawasan. Dan hingga saat ini hasilnya masih ditunggu oleh pihak yang bersengketa.

Seperti pada berita sebelumnya bahwa Balai Pemantapan Kawasan Hutan (BPKH) red wilayah VIII Denpasar pada jum,at lalu sudah melakukan pengecekan lapangan/pengukuran parsial batas kawasan hutan dikelompok olat cabe (RTK.78) wilayah Kabupaten Sumbawa.

Oleh karena itu atas pengukuran atau pengecekan tersebut Kabag Pertanahan Setda Sumbawa Khaeruddin dalam menanggapi hal tersebut mengatakan bahwa Pengukuran berdasar permohonan Pemkab Sumbawa ke- BPKH Denpasar.

“Kami menunggu surat hasil pengukurannya, bila tidak puas terhadap hasil penegasan batas, maka bisa dikonfirmasi ke BPKH Denpasar oleh yang berkeberatan,”ungkapnya kepada wartawan media ini (1/5).

Lanjutnya, apa bila jika masih kurang puas maka bisa menempu proses di pengadilan

Leave A Reply

Your email address will not be published.