Masyarakat Dapat Laporkan Kejadian Bencana Melalui Puspina

SOLOK, Harnasnews.com  – ​​Pemerintah Kota Solok, Sumatera Barat meluncurkan pusat informasi bencana (Puspina) sebuah sistem informasi berbasis android untuk memudahkan masyarakat melaporkan kejadian bencana di sekitarnya.

“Aplikasi Puspina memudahkan komunikasi tentang kejadian bencana sehingga penanggulangannya bisa dilakukan lebih cepat,” kata Kepala BPBD Kota Solok Kenfilka melalui Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Agus Susanto di Solok, Jumat, (13/9)

Ia mengatakan penggunaan aplikasi Puspina ini akan mempersingkat waktu pelaporan informasi kejadian bencana dari masyarakat dan pemberian pelayanan bantuan dan pertolongan ke lokasi kejadian bencana secara cepat dan efektif.

Inovasi sistem informasi kebencanaan yang dimiliki Kota Solok ini lanjut dia, merupakan yang pertama di Provinsi Sumatera Barat dan yang ke enam di Indonesia.

Ia menjelaskan pelaporan kejadian bencana melalui aplikasi Puspina langsung terintegrasi dengan tim reaksi cepat (TRC) yang siap terjun ke lokasi bencana 24 jam. Begitu terima laporan tim langsung terjun mendatangi lokasi kejadian guna melakukan tindakan-tindakan yang diperlukan.

“Aplikasi ini baru berumur dua bulan namun sudah memberikan dampak positif terhadap pelayanan kebencanaan, karena perangkat RT, RW, kelurahan dan kecamatan sudah disosialisasikan,” kata dia.

Pihaknya jemput bola turun menyosialisasikan ke kelurahan sebagai penyambung informasi, dan sejauh ini sudah dimanfaatkan oleh masyarakat.

Selain untuk memudahkan pelaporan kejadian bencana, Puspina juga dirancang dengan fitur-fitur informasi serta edukasi terkait kebencanaan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.