Dalam kuliah umum di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) di Kabupaten Malang, Jawa Timur, Rabu, Prabowo mengatakan bahwa dengan adanya bonus demografi tersebut, merupakan peluang bagi Indonesia untuk melangkah menjadi sebuah negara maju.

“Kita di ambang kebangkitan menuju negara maju. Ada peluang bonus demografi, mari mahasiswa bersama-sama menjadi bangsa yang bisa memanfaatkan peluang ini,” kata Prabowo.

Prabowo menjelaskan, bonus demografi merupakan peluang yang tidak datang berkali-kali di negara manapun. Oleh karena itu, anak muda Indonesia harus mampu memanfaatkan peluang bonus demografi tersebut untuk kemajuan bangsa.

Menurutnya, jika sebuah negara mampu mengambil peluang bonus demografi dengan optimal, maka negara tersebut akan mampu melaju menjadi negara maju. Akan tetapi, jika negara tidak bisa memanfaatkan, maka hanya jalan di tempat.

“Ada negara yang mengambil peluang ini dan maju, ada negara yang tidak mampu mengambil peluang ini. Jangan kita mau menjadi negara yang tidak maju,” ujarnya.

Ia menambahkan, dengan menjadi sebuah negara yang maju, Indonesia diharapkan mampu menjadi negara produsen berbagai barang-barang yang dibutuhkan masyarakat dalam negeri, termasuk masyarakat dunia.