Pemkab Bogor Tetapkan Desa Ciomas Sebagai Lokasi Pembinaan Program P2WKSS

BOGOR, Harnasnew – Pemerintah Kabupaten (Bogor) tahun ini menetapkan Desa Ciomas, Kecamatan Tenjo sebagai lokasi binaan Program Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS). Terdapat 100 Kepala Keluarga (KK) yang dijadikan target binaan dengan status Keluarga Pra Sejahtera (Pra-KS) dan Keluarga Sejahtera 1 (KS1).

Mewakili Pemkab Bogor, Asisten Pemerintahan Dan Kesejahteraan Rakyat (Aspemkesra) Pemkab Bogor, Hadijana membuka Rapat Koordinasi P2WKSS tingkat Kabupaten Bogor, di Desa Ciomas, Tenjo, Rabu (15/6/2022).

Untuk diketahui, gambaran umum kondisi awal Desa Ciomas didominasi masyarakat Keluarga Pra Sejahtera (Pra-KS) dan Keluarga Sejahtera 1 (KS1). Lingkungan desa yang cukup luas, namun beberapa kondisi rumah belum layak huni. Dalam perilaku sanitasi mayoritas masyarakat tidak memiliki MCK. Begitu pula dari sisi kesehatan, Posyandu belum dimanfaatkan secara maksimal.

“Mencermati kondisi tersebut, Pemerintah Kabupaten Bogor menetapkan Desa Ciomas Kecamatan Tenjo sebagai desa lokasi binaan P2WKSS dengan target 100 KK yang akan dibina, yang berlokasi di RT 01 RW 02,” terang Hadijana.

Hadijana menjelaskan, pada pelaksanaan P2WKSS, Pemkab Bogor akan memotret situasi dan kondisi Desa Ciomas apa adanya. Jadi kepala desa tidak perlu diada-adain dulu. Kita potret masalah yang ada, apa adanya, kemudian semua perangkat daerah wajib melihat situasi dan kondisi tersebut. Selanjutnya merumuskan apa yang bisa dilakukan oleh masing-masing perangkat daerah pada program P2WKSS.

“Misalnya, dari sisi infrastruktur tugasnya Dinas PUPR, soal kesehatan, Dinas Kesehatan yang berperan, bidang pendidikannya Dinas Pendidikan yang berperan, begitu pula yang lainnya. Jadi tidak ada yang namanya ego sektoral, semua terintegrasi, sehingga setelah program P2WKSS ini berjalan, nanti akan terlihat kondisi sebelum dan sesudahnya, terlihat perubahannya secara signifikan,” jelas Hadijana.

P2WKSS adalah program yang menggunakan pola pendekatan sektoral yang terkoordinasi berupaya untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan keluarga bagi keluarga yang tergolong rawan sosial ekonominya, dengan upaya meningkatkan kesejahteraan keluarga guna mencapai taraf hidup yang berkualitas.

Leave A Reply

Your email address will not be published.