Pengamat: Berantas gerakan separatis Papua sampai ke akarnya

JAKARTA, Harnasnews.com – Pengamat politik Progress Indonesia Idrus Money mendesak agar aparat TNI-Polri bertindak tegas terhadap pelaku kerusuhan yang terjadi di sejumlah wilayah di Papua.

Pasalnya, isu yang saat ini dimainkan oleh perusuh bukan lagi persoalan rasisme, akan tetapi mereka (pendemo dan perusuh) sudah menuntut untuk memisahkan diri dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Bahkan, dengan beraninya mengibatkn bendera Bintang Kejora sebagai bentuk perlawanan dan merongrong pemerintahan yang sah.

“Ini tidak boleh dibiarkan, karena massa di Papua maupun pendemo di sejumlah wilayah di Tanah Air sudah mengibarkan bendera simbol perlawanan, seperti pengibaran bendera Bintang Kejora. Karena, di balik aksi mereka ada pihak-pihak yang bermain di air keruh, terlebih keberadaan kelompok separatis Organisasi Papua Merdeka kini semakin beringas. Beberapa prajurit TNI dan Polri sudah menjadi korban,” ujar Idrus kepada wartawan, Minggu (1/9)

Menurutnya, aksi dan gerakan ini sesungguhnya memperjuangkan kemerdekaan Papua. Oleh karenanya, negara harus bisa menggunakan perangkat pendekatan militer untuk menumpas dan membasmi sampai akar-akarnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.