PLN Solo Dukung Penggunaan Mobil Listrik

SOLO, Harnasnews.com – PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) terus memberikan dukungan kepada penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB), termasuk di Kota Solo.

“Salah satunya adalah penyediaan fasilitas Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU),” kata Manager Bagian Pemasaran dan Pelayanan Pelanggan PT PLN UP3 Surakarta, Andi Kurniyawan, seperti tertulis dalam siaran pers, Jumat (11/6).

Menurutnya, beberapa SPKLU sudah tersedia di jalur tol Trans Jawa. Hal itu membuat pengguna mobil listrik tidak perlu khawatir kehabisan daya saat melakukan perjalanan jauh.

Di Solo, misalnya, SPKLU tersedia di rest area jalan tol Trans Jawa 519A dan 519B yang berada di Masaran, Kabupaten Sragen. Selain itu, ada juga pihak swasta yang membuat SPKLU di pusat perbelanjaan. “Jadi bisa nge- charge mobil sambil berbelanja atau ngopi,” ujarnya.

Saat ini, PLN juga menyiapkan skema pemberian stimulus kepada para pengguna mobil listrik. Stimulus itu berupa diskon khusus penggunaan listrik pada pukul 22.00-05.00 WIB. “Itu merupakan waktu pemilik mobil listrik biasanya meng-charge mobilnya,” ucap Andi.

Saat ini, PLN UP3 Surakarta juga terus melakukan pemetaan penggunaan mobil listrik di Kota Solo dengan menjalin komunikasi dengan sejumlah Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM). Pemetaan ini diperlukan untuk mengukur kebutuhan fasilitas SPKLU di kota itu.

Marketing Hyundai Solo Baru, Sakiman, mengatakan pasar mobil listrik di Kota Solo sangat bagus. Saat ini, Hyundai Solo Baru memasarkan dua tipe mobil listrik, yakni Ioniq dan Kona. “Dalam beberapa bulan terakhir banyak unit yang terjual,” ungkapnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.