Produksi Garam Di Kabupaten Pasuruan Mulai Dilakukan

Pasuruan,Harnasnews.com – Ratusan petani garam yang tersebar di Desa Raci, Kecamatan Bangil, Desa Gerongan dan Kalirejo, Kecamatan Kraton, serta Desa Tambaklekok, Kecamatan Lekok, didorong untuk dapat memproduksi garam sesuai dengan target selama setahun.

Slamet Nurhandoyo, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Pasuruan mengatakan, pihaknya menargetkan dapat memproduksi garam hingga mencapai 15.250 ton dalam tahun ini. Meski diperkirakan tidak dapat mencapai 100%, akan tetapi setidaknya seluruh petani garam telah menggunakan geo isolator sebagai metode dalam memproduksi garam, serta memaksimalkan 6 rumah prisma yang telah dibangun di Kecamatan Lekok.

“Persiapan sudah selesai dilakukan oleh para petani garam, dan sekarang sudah mulai produksi, baik yang geo isolator maupun rumah prisma,” kata Slamet saat ditemui di kantornya, Kamis (17/05/2018).

Khusus untuk rumah prisma, para petani garam tak hanya sudah memproduksi garam saja, melainkan panen meski jumlahnya tidak sebanyak dengan menggunakan metode geo isolator. Kata Slamet, rumah prisma di Desa Tambaklekok hanya berukuran 7 X 7 meter dan dalam sekali panen menghasilkan antara 2-2,5 ton garam, sedangkan dengan geo isolator bisa panen hingga dua ,tiga bahkan berlipat lipat dari rumah prisma.

Leave A Reply

Your email address will not be published.