Produksi Garam Di Kabupaten Pasuruan Mulai Dilakukan

“Kita jalankan dua-duanya, mumpung cuaca lagi bagus-bagusnya,” singkatnya.

Seperti diketahui, luasan tambak garam di Kabupaten Pasuruan mencapai 243,2 hektar, dengan rincian 150,7 hektar tersebar di Desa Raci, Kecamatan Bangil, 71,5 hektar di Desa Gerongan, 13,5 hektar di Desa Kalirejo, serta 7,5 hektar di Desa Tambaklekok. Untuk mendukung pencapaian target tahunan, Dinas Perikanan Kabupaten Pasuruan pada tahun ini mendapat bantuan perbaikan saluran air dan pembangunan jalan produksi garam dari Pemprov Jatim sebesar Rp 600 juta. Bantuan tersebut menurut Slamet baru akan direalisasikan antara bulan Juli-Agustus mendatang.

“Sekarang ini masih dalam tahapan lelang, kami perkirakan setelah lebaran baru selesai,” jelasnya.

Tak hanya bantuan dari Pemprov saja, Pemerintah Pusat juga memberikan pinjaman dengan bunga 4% setahunyang diperuntukkan bagi para petani garam di Kabupaten Pasuruan. Dijelaskan Slamet, pinjaman tersebut nilainya tak terbatas, sehingga pihaknya berharap dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

“Syaratnya memang harus punya angguna atau jaminan, karena ini adalah pinjaman bunga murah. Besarannya beragam tergantung kemampuan petani, kalau mau Rp 25 juta bisa dengan BPKB. Tapi kalau nilainya di atas Rp 100 juta atau Rp 500 juta dengan menggunakan sertifikat tanah atau rumah,” pungkasnya. (Red/Andre).

Leave A Reply

Your email address will not be published.