Siap Mengemban Tugas Negara, 215 Bintara Remaja Dilahirkan di Rindam IX/Udayana

Nasional

BALI,Harnasnews.com – Keberhasilan dalam menyelesaikan pendidikan ini telah mengantarkan kalian menjadi seorang Bintara Remaja, sekalipun masih harus mengikuti pendidikan di masing-masing kecabangan, mulai saat ini kalian harus siap mengemban tugas negara dan harus siap dalam menghadapi berbagai tantangan penugasan seberat apapun.

Demikian yang ditekankan Pangdam IX/Udayana dalam amanatnya yang dibacakan oleh Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Candra Wijaya saat bertindak sebagai Inspektur Upacara Penutupan Pendidikan Pertama Bintara TNI AD TA. 2020 yang digelar di Lapangan Wira Yudha Bhakti Rindam IX/Udayana, Kediri, Tabanan, pada Sabtu (13/2/2021).

Dalam kesempatan tersebut, Pangdam mengucapkan selamat kepada 215 orang Bintara yang telah dilantik menjadi Prajurit TNI Angkatan Darat aktif dengan pangkat Sersan Dua.

“Semoga pelantikan hari ini menjadi langkah awal bagi perjalanan karier kalian sebagai Prajurit TNI yang dengan tulus ikhlas mendarmabhaktikan diri demi menjaga kedaulatan Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” harap Pangdam.

Selanjutnya, Pangdam mengungkapkan bahwa Para Bintara ini sudah resmi meninggalkan kehidupan sebagai warga negara sipil biasa dan beralih memasuki kehidupan Militer. Peralihan ini bukanlah sekedar perubahan fisik dan mental, tetapi harus ada perubahan sikap dan perilaku sebagai seorang Prajurit di dalam diri.

“Sikap dan perilaku seorang warga negara yang telah bersumpah menjadi seorang Prajurit yang dituntut harus mengerti dan memahami tugas pokok TNI Angkatan Darat dengan senantiasa memegang teguh Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Delapan Wajib TNI. Saya yakin dengan bekal yang telah diperoleh dalam pendidikan, kalian akan dapat melaksanakan tugas dengan baik,” tegas Pangdam.

Kemudian, ditengah mewabahnya Covid-19 saat ini, Pangdam juga selalu mengingatkan agar tetap menjaga kesehatan dengan melaksanakan disiplin Protokol Kesehatan Covid-19 dan 3M (Mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, Memakai masker dan Menjaga jarak) serta tetap memegang prinsip aman, imun dan iman.

Rangkaian kegiatan Upacara Penutupan Pendidikan tersebut ditandai dengan Pernyataan Resmi Penutupan Pendidikan oleh Inspektur Upacara, Penanggalan Tanda Siswa, Pemasangan Tanda Pangkat, Penerimaan Ijazah serta Pengambilan Sumpah Prajurit serta Penandatanganan Berita Acara Penyumpahan dihadapan Inspektur Upacara.

Turut hadir dalam upacara penutupan tersebut antara lain Kapok Sahli Pangdam IX/Udayana, Danrem 163/WSA, Para Asisten Kasdam IX/Udayana, Para Dan/Kabalakdam IX/Udayana, Wadanrindam IX/Udayana, serta Ketua Persit KCK PD IX/Udayana beserta pengurus dan undangan lainnya. (Pendam IX/Udayana)(VIDI)

Leave A Reply

Your email address will not be published.