JAKARTA, Harnasnews – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menjelaskan tahapan pembangunan infrastruktur perlu dikelola dengan lebih baik, sejak perencanaan, pengadaan, hingga pelaksanaan pembangunan yang membutuhkan manajemen yang kompeten.

“Pembangunan infrastruktur terkadang memiliki tahapan yang sangat panjang dan itu pasti membutuhkan banyak penyelesaian masalah tata kelola dan manajemen,” kata Sri Mulyani saat menutup G20 Infrastructure Investors Dialogue yang dipantau di Jakarta, Jumat.

Pembangunan infrastruktur perlu dikelola dengan baik sejak perencanaan, pengadaan, hingga pelaksanaan pembangunan yang membutuhkan manajemen yang kompeten.

“Ini terutama ketika pembangunan infrastruktur dihubungkan dengan tujuan pembangunan berkelanjutan yang membutuhkan infrastryktur yang akuntabel dan terverifikasi benar-benar hijau,” ucapnya.

Karena itu penerapan pembangunan infrastruktur yang sesuai dengan prinsip pertanggungjawaban terhadap lingkungan, sosial, dan tata kelola yang baik (Environment, Social, and Corporate Governance/ESG) akan terus diupayakan, terutama di negara berkembang seperti Indonesia yang masih kerap menghadapi kesulitan.