STIPI di Kampung Maghfirah Siapkan Generasi Unggul

Peresmian Sekolah Tinggi Ilmu Pendidikan Islam (STIPI) Maghfirah di Desa Tangkil Kecamatan Caringin Kabupaten Bogor pada 30 November 2020 lalu. Foto: Dok

KABUPATEN BOGOR, HARNASNEWS.COM  – Jika Anda ingin melihat cikal bakal generasi Muslim yang unggul di masa depan maka Anda dapat melihatnya di Sekolah Tinggi Ilmu Pendidikan Islam Maghfirah (STIPI Maghfirah). Sebuah lembaga pengkaderan guru yang terletak di Kampung Maghfirah, Kampung Legok, Desa Tangkil, Caringin, Bogor, Jawa Barat.

Bukan hal yang berlebihan penilaian itu diberikan kepada STIPI Maghfirah. Konsep pendidikan yang disiapkan memang memungkinkan hadirnya para pemuda yang siap memegang peran-peran besar di tengah masyarakat pada masa yang akan datang.

Bisa dibilang konsepnya matang dan penuh perhitungan. Detail dan sangat ketat dalam target, namun suasana belajar tetap dibuat nyaman dalam setiap prosesnya.

STIPI Maghfirah adalah lembaga pengkaderan para guru. Lembaga pendidikan yang menyiapkan segala kebutuhan untuk memastikan para lulusannya kelak menjadi para pendidik berkarakter unggul.

Mengapa guru dan mengapa harus unggul?

Ini mungkin pertanyaan yang sempat terlintas di benak kita. Harus kita maklumi bahwa yang hilang dalam dunia pendidikan kita hari ini adalah “hilangnya” para guru di tengah anak didiknya. Secara fisik mereka hadir, tapi ruh mendidiknya tidak hadir. Formally mengajar tapi basicly hanya transfer informasi.

Padahal sesungguhnya peran guru yang kita harapkan adalah lebih daripada sekadar menginformasikan suatu ilmu. Tapi ia juga harus memastikan ilmu yang diberikan itu dilakukan sampai memberi manfaat untuk peserta didiknya sendiri dan tentu saja akhirnya memberi nilai manfaat untuk lingkungan sekitarnya.

DR. Ahmad Hatta, MA atau yang biasa disebut dengan Ustadz Hatta, bersama-sama dengan alumni haji dan umrah Maghfirah Travel mendirikan STIPI Maghfirah ini atas dasar komitmen kecintaan kepada Indonesia. Komitmennya untuk memberi sumbangsih terhadap kualitas generasi bangsa di masa yang akan datang dalam naungan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Beliau memiliki keinginan yang sangat kuat untuk melakukan perubahan pada generasi Muslim yang akan datang. Beliau berkesimpulan bahwa perubahan generasi tidak akan mungkin terjadi sampai hadirnya para pendidik generasi yang sengaja disiapkan untuk menjadi bagian dari misi perubahan ini.

Mari kita telisik lebih jauh tentang keunggulan dari STIPI Maghfirah.

1. Dibangun dengan motivasi memberi bukan menerima
Ya, lembaga pendidikan ini sejak awal motivasi pendiriannya adalah memberi. Motivasi ini menjadi penting, karena salah motivasi salah juga cara dan jalannya. Ust Hatta sebagai pendiri adalah seorang ulama yang ketat dalam masalah prinsip. Prinsipnya memberi dan bukan meminta. Meski demikian, beliau tetap terbuka jika ada yang ingin berkolaborasi dalam pencapaian misi dari STIPI Maghfirah ini.

Oleh karenanya, dalam konteks ini juga, hal yang patut diapresiasi sekaligus disyukuri dari STIPI Maghfirah adalah lembaga pendidikan ini berbeasiswa. Artinya, mereka yang belajar di sini tidak dipungut bayaran.

Leave A Reply

Your email address will not be published.