Stok Ikan Di Kota Palembang Dipastikan Cukup Sepanjang Ramadhan hingga Hari Raya Idul Fitri

PALEMBANG,Harnasnews.Com   – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) memastikan stok ikan di Kota Palembang mencukupi untuk memenuhi kebutuhan ramadhan sampai dengan hari raya Idul Fitri mendatang. Hal itu disampaikan Direktur Jenderal Perikanan Budidaya, Slamet Soebjakto, usai mendampingi kunjungan kerja spesifik Komisi IV DPR RI di pasar Lemabang, Kota Palembang, Rabu (30/5).

“Kami ingin pastikan bahwa stok ikan konsumsi ini bisa mencukupi kebutuhan dan tentunya memastikan harga stabil sesuai daya beli masyarakat. Kota Palembang merupakan kota besar dengan jumlah penduduk mencapai lebih kurang 1,8 juta jiwa dan dianggap bisa mewakili kondisi ketersediaan stok ikan secara umum di wilayah Sumatera Selatan”, jelas Slamet.

Menurut Slamet, selama berinteraksi langsung dengan pedagang ikan, memang ada kenaikan harga pada kisaran Rp. 2.000,- sampai dengan Rp. 3.000,-per kg khusus untuk ikan laut. Kenaikan ini dikarenakan ikan laut lebih banyak didatangkan dari wilayah Jakarta, Lampung dan Bengkulu. Namun demikian, berdasarkan pengakuan pedagangan kenaikan tersebut masih wajar dan bisa terjangkau. Sedangkan untuk ikan air tawar tidak ada kenaikan harga, karena ikan lebih banyak disuplai dari Palembang dan daerah lain di Sumatera Selatan seperti Kabupaten Ogan Komeling Ilir, Musirawas, Oku Timur dan Musi Banyuasin.

“Stabilisasi pangan berbasis ikan utamanya sepanjang Ramadhan menjadi mutlak, oleh karenanya monitoring secara rutin harus dilakukan untuk memastikan sistim logistik berjalan efektif. Disisi lain, kita akan mendapat gambaran bagaimana melakukan intervensi saat terjadi kondisi pasar yang fluktuatif”, pungkasnya.

Pantauan di Lapangan menunjukkan jenis ikan yang masuk ke pasar Lemabang didominasi oleh ikan tongkol, patin, gurame, dan ikan mas. Harga ikan tersebut masing-masing untuk ikan tongkol mencapai Rp. 28.000 per kg; ikan patin Rp. 20.000 per kg; gurame Rp. 40.000 per kg; dan ikan mas rata-rata mencapai Rp. 30.000 per kg.

Leave A Reply

Your email address will not be published.