Stok Ikan Di Kota Palembang Dipastikan Cukup Sepanjang Ramadhan hingga Hari Raya Idul Fitri

Juwita, salah seorang pedagang ikan di pasar Lemabang mengaku bahwa stok ikan sepanjang bulan ramadhan ini masih normal seperti biasanya dengan harga yang relatif stabil. Kalaupun ada kenaikan untuk jenis ikan laut masih dianggap wajar.

“Kalau jumlah ikan yang masuk ke Lemabang ini, sepanjang ramadhan tidak ada perubahan, tetep seperti biasa. Kami suplai ikan dari pasar Jakabaring dengan harga yang relatif normal”, kata Juwita saat dimintai keterangan.

Dalam kesempatan yang sama Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, Widada menyatakan bahwa pihaknya terus memantau kondisi ketersediaan stok ikan secara real time di pasar-pasar di kota Palembang, dengan begitu ada upaya dini untuk melakukan pengendalian.

“Hampir setiap saat, kita pantau dan laporkan data ketersediaan stok ikan secara rill ke Satgas Pangan. Ini untuk mempermudah pemerintah dalam melakukan intervensi dan menjamin stabilisasi pangan”, jelas Widada.

Sementara itu, berdasarkan data yang dihimpun dari Dinas Kelautan dan Perikanan Propinsi Sumatera Selatan, Ketersediaan stok ikan harian sepanjang Ramadahan 2018 yakni ikan gabus 4 ton, lele 8 ton, nila 6 ton, patin 10 ton. Sedangkan ikan laut perhari yakni sarden 4 ton, tenggiri bulat 4 ton, tenggiri papan 5 ton, tongkol 2 ton, kembung 2,5 ton. Untuk ketersediaan ikan giling perhari ikan gabus 5 ton, kakap bulat giling 4 ton dan tenggiri papan giling 4 ton.

Sebagai perbandingan, berdasarkan data analisis neraca perikanan budidaya di Propinsi Sumatera Selatan tahun 2016, menunjukkan bahwa Propinsi ini mengalami surplus ketersediaan stok ikan khususnya ikan hasil budidaya.(Red/Dar)

Leave A Reply

Your email address will not be published.