Terkait Lumbung Pangan di Brang Kolong, Dinas Pangan Akan Turun Cek Lokasi

SUMBAWA, Harnasnews – Kepala Desa Brangkolong Kecamatan Plampang Kabupaten Sumbawa H. Ahmad menginginkan agar lumbung pangan yang berada di dusun Labuhan Alas Desa Brangkolong tersebut operasikan.

“Harapan saya agar lumbung pangan tersebut dioperasikan, ” Ungkapnya, minggu (7/5).

Menurutnya, pihaknya pernah memanggil pengurus Gapoktan yang ada di wilayah tersebut. Namun, pihak poktan hingga saat ini belum bisa menjelaskan perihal kenapa lumbung pangan tersebut belum dioperasikan kan.

“Pernah saya tanya dulu pengurusnya kenapa hingga saat ini lumbung tersebut belum dioperasikan. Dan saat itu pengurus menjawab jika mesin ada kendala ( rusak), ” tukasnya.

Lanjutnya, oleh karena Kades berharap agar lumbung pangan tersebut bisa dioperasikan. Karena dalam pembangunan lumbung tersebut anggaran cukup besar yakni mencapai Rp 600 juta.

“Sayang jika ini tidak dioperasikan. Apalagi anggarannya cukup besar, ” benernya.

Terpisah Sekretaris dinas pangan Kabupaten Sumbawa Surya Darmasya kepada media ini mengatakan bahwa pihaknya akan turun untuk melihat dan mengecek langsung kondisi lumbung pangan tersebut.

“Informasi tentang lumbung pangan yang ada di Desa Brangkolong tersebut kami sudah tahu. Dan dalam waktu dekat ( minggu ini) kami akan turun untuk melihat dan mengecek kondisinya, ” Paparnya.

Lanjutnya, dan kami minta pihak Desa nanti juga agar segera mengganti pengurus Gapoktan. Agar lumbung pangan tersebut segera dioperasikan, “ujarnya.

Surya berharap agar bangunan yang dibangun tahun 2020 lalu itu segera dioperasikan. Karena sayang sekali kalau tidak dimanfaatkan.

” Harapannya agar lumbung pangan tersebut segera dioperasikan. Karena ini milik masyarakat ( Gapoktan) yang harus dimanfaatkan dengan baik, “imbuhnya.

Sebagai informasi pembangunan lumbung pangan tersebut dibawah naungan KSM Maju Mandiri. Dalam pembangunan lumbung pangan tersebut menelan angggaran mencapai sekitar Rp 600 juta. Dari anggaran tersebut diperuntukan untuk pembangunan fisik, pengadaan mesin pabrik dan sejumlah a item lainnya termasuk lantai jemur. (HR)

Leave A Reply

Your email address will not be published.