Tidak Hanya BPRL, AQUA Keboncandi Ikut Memasarkan Hasil Panen Petani

Program Pertanian Berkelanjutan AQUA Keboncandi

Kepala Pabrik AQUA Keboncandi, M. Fahroni memberikan piagam penghargaan kepada Ketua Kelompok Tani Rahayu 2 Desa Tenggilisrejo, Jainul Wasis.

PASURUAN, Harnasnews – Kelompok Tani Rahayu 2 Desa Tenggilisrejo, Kecamatan Gondangwetan, Kabupaten Pasuruan melaksanakan Panen Perdana yang bertajuk “Budidaya Padi Ramah Lingkungan,” pada hari Kamis (06/10/2022).

Diketahui bahwasannya Kelompok Tani Rahayu 2 Desa Tenggilisrejo merupakan dalam melakukan penanaman Budidaya Padi Ramah Lingkungan (BPRL) didampingi dan dalam arahan dari AQUA Keboncandi (PT. Tirta Investama) yang bermitra dengan Yayasan Social Invesment Indonesia (YSII).

Yang dalam penanaman Padi nya mengurangi penggunaan bahan kimia, dan lebih meningkatkan penggunaan bahan organik untuk proses penanaman. Yang awalnya petani menggunakan 100% bahan kimia dalam proses penanaman, sekarang para petani menggunakan bahan organik sebanyak 25% dalam proses penanaman padi.

Pada acara dihadiri langsung oleh Kepala Pabrik AQUA Keboncandi, M. Fahroni, Camat Gondangwetan, Hari Hijroh, Kapolsek Gondangwetan, Danramil, Kades Tenggilisrejo, dan Kelompok Tani Rahayu 2 Desa Tenggilisrejo.

Program BPRL dari AQUA Keboncandi ini bertujuan untuk memberikan percontohan pertanian  kepada para petani untuk meningkatkan hasil produktivitas panen dengan metode ramah lingkungan.

“Kami hadir untuk mendukung para petani agar bisa terus membudidayakan pertanian yang mulai kurang diminati oleh warga, dan lebih mengenalkan cara bertani dengan sistem ramah lingkungan dengan mengurangi penggunaan bahan kimia dalam proses penanaman padi,” urai Kepala Pabrik AQUA Keboncandi.

AQUA Keboncandi juga akan ikut serta dalam memasarkan hasil panen dari para kelompok tani, dengan menjual hasil panen dari para petani kepada para karyawan dan Kopreasi yang berada di naungan Pabrik AQUA Keboncandi.

“Masalah yang selalu ditakutkan oleh para petani akan kami bantu, yakni setelah panen para petani akan kesusahan dalam menjual hasil panennya. Disini kami akan ikut memasarkan hasil panen kepada seluruh karyawan serta Koperasi yang berada dalam naungan Pabrik AQUA Keboncandi. Sehingga terbentuk keberlanjutan pertanian,” jelas M. Fahroni.

Dalam acara, Kepala Pabrik AQUA Keboncandi ditemani Muspika Gondangwetan melakukan panen perdana secara simbolis. Dan Kepala Pabrik juga memberikan piagam kepada ketua Kelompok Tani Rahayu 2 Desa Tenggilisrejo, Jainul Wasis.

Program Pertanian Berkelanjutan ini telah diterapkan dari tahun 2013 dan tahun ini di lokasi desa Tenggilisrejo dengan Budidaya Padi Ramah Lingkungan (BPRL) yang termasuk dalam Program Pertanian Berkelanjutan.

Ketua Kelompok Tani Rahayu 2 Desa Tenggilisrejo, Jainul Wasis sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh AQUA Keboncandi, dengan program Pertanian Berkelanjutan, yaitu Budidaya Padi Ramah Lingkungan (BPRL).

“Saya mewakili Kelompok Tani Rahayu 2 Desa Tenggilisrejo, sangat berterimakasih atas program dari AQUA, yang bisa mengenalkan Budidaya Padi Ramah Lingkungan pada kami, berkat itu hasil panen bisa meningkat sebesar 10 % dari biasanya. Biasanya hasil panen mendapat 30 ton dari luas sawah 5 hektar, namun dengan program AQUA Keboncandi bisa menghasilkan 33 ton,” terang Wasis.(Hid)

Leave A Reply

Your email address will not be published.