Timsel Bantah tak Solid dalam Memilih Anggota KPU-Bawaslu

JAKARTA, Harnasnews.com – Ketua Tim Seleksi (Timsel) Calon Anggota KPU dan Bawaslu Juri Ardiantoro menegaskan, timsel solid dan independen dalam memilih bakal calon anggota KPU dan Bawaslu yang berintegritas. Menurutnya, proses wawancara kepada calon anggota seperti yang disiarkan melalui kanal Youtube, merupakan dinamika tanya jawab untuk menggali calon secara detail.

Pernyataan ini disampaikan Juri, untuk membantah kabar tidak solidnya timsel karena ketua timsel menegur salah satu anggota timsel karena memuji calon anggota. “Ada persepsi yang tidak pas, ada kesan bahwa timsel itu tidak solid, misalnya ada istilah ‘ketua timsel menegur’, dan kata-kata sejenis itu. Sampai saat ini, 11 anggota tim seleksi itu sangat disiplin, sangat guyub, dan tidak ada satu hal yang membuat timsel ini ada friksi, tidak,” ujar Juri dikutip dari siaran pers Sekretariat Timsel Calon Anggota KPU dan Bawaslu, Kamis (30/12).

Juri mengklarifikasi berita yang menimbulkan sentimen negatif pada citra timsel, seolah dengan memuji, timsel menjadi tak objektif dan memihak salah satu bakal calon.

Sekretaris Timsel yang juga Direktur Jenderal (Dirjen) Politik dan Pemerintahan Umum (Politik & PUM) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Bahtiar juga menegaskan, setiap anggota timsel memiliki cara dan gaya masing-masing dalam menggali informasi, isi pikiran, sikap, pandangan, terhadap calon anggota yang diwawancara. Bahkan, setiap calon anggota KPU maupun Bawaslu juga diberikan kesempatan untuk mengungkap kelebihan yang dimilikinya, termasuk mengklarifikasi apa yang menjadi catatan dari Timsel.

Leave A Reply

Your email address will not be published.