Tujuan TMMD Kodim 0820/Probolinggo Tingkatkan Perekonomian Di Kecamatan Tiris

Probolinggo,Harnasnews.com – Bila mendengar kata Tiris maka kita akan teringat sebuah Kecamatan yang berada di bagian Selatan Kota Probolinggo berdampingan dengan Kecamatan Krucil serta makin Selatan, maka berbatasan dengan Kabupaten Lumajang.

Kecamatan dengan alam perbukitan dan sudah menjadi “kelumrahan” di suatu wilayah maka daerah pinggiran pada umumnya yang tertinggal. Namun, bukan menjadi alasan bahwa yang saat ini tertinggal maka harus selalu ketinggalan. Setidaknya adalah setara dengan wilayah/kecamatan sekitarnya. Konsep wilayah sebagai buffer atau berfungsi sebagai daerah penyokong “feri-feri” bukan sebagai tata aturan yang akan dilepaskan. Hanya sudah sewajarnya setiap wilayah memiliki hak yang sama dan fungsi penyokong atau buffer maka dilihat dari potensi wilayah setempat.

Menjadi kelaziman pada umumnya di daerah perbukitan maka rindang  pepohonan dengan udara yang sejuk, hasil pertanian/kebun dan laposan tanah tebal nan subur. Jumlah penduduk masih jarang dengan rumah yang satu dengan rumah lainnya cukup ada jarak dan bisa jadi berjauhan.

Keterbatasan ini menjadi alasan untuk kita dobrak perbaiki. Potensi alam yang ada maka perlu kita berdayakan dan eksploitasi dengan benar sehingga memberi manfaat ekonomi bagi masyarakat maupun institusi dinas, baik secara personal maupun kelompok. Salah satunya melalui Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD).

Leave A Reply

Your email address will not be published.