JAKARTA, Harnasnews – Dewan Pimpinan Nasional Perhimpunan Advokat Indonesia (DPN Peradi) menggelar ujian profesi advokat (UPA) secara serentak di 43 kota di Indonesia dan diikuti oleh 3.585 peserta.

“Kami sebagaimana biasanya, setiap tahun membuat ujian advokat dan permintaan untuk ikut itu banyak sekali. Kami melaksanakan ujian di 43 kota di seluruh Indonesia,” kata Ketua Umum (Ketum) Peradi Prof. Otto Hasibuan dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Minggu.

Ia menjelaskan pihaknya menggelar UPA di banyak kota untuk memudahkan dan meringankan para calon advokat ‎mengikuti ujian tersebut, baik dari segi biaya, waktu, dan faktor lainnya..‎

“Kalau hanya satu tempat di Jakarta, kasihan mereka berangkat ke sini. Jadi, kami buat di 43 kota dan pesertanya sekarang 3.585,” ucapnya.

Untuk jumlah peserta paling banyak, lanjut Otto, seperti biasa kembali didominasi oleh DKI Jakarta. Kali ini, sebanyak 1.032 orang.

“Kita menyelenggarakan ujian 2 kali setahun. Pesertanya rata-rata 10 ribu. Jadi, total setahun rata-rata 10 ribu yang ikut,” katanya.