JAKARTA, Harnasnews.com – Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menyebut sosok Ketua DPR RI Puan Maharani lekat dengan Kota Surabaya karena selain cucu dari Presiden RI pertama Soekarno juga ikut dalam dinamika perjuangan Megawati di era Orde Baru.

“Hari ini kami bersyukur, cucu Bung Karno, yaitu Mbak Puan Maharani berkunjung ke Surabaya. Beliau sangat lekat dengan Surabaya,” katanya saat mendampingi Puan Maharani mengunjungi Kampung Tempe di Surabaya, Rabu.

Dilansir dari antara, menurut Eri, sosok Puan Maharani sangat lekat dengan Surabaya. Kakek Puan, yaitu Bung Karno, lahir di Surabaya pada 6 Juni 1901, ketika fajar menyingsing. Di Surabaya pula, Bung Karno menghabiskan masa mudanya dengan belajar di tempat tokoh Islam tersohor, Haji Oemar Said Tjokroaminoto, di kawasan Peneleh.

Di Surabaya, lanjut dia, dalam dinamika masa mudanya, Bung Karno belajar ke HOS Tjokroaminoto. Dari sana cikal-bakal pemikiran nasionalisme Bung Karno terbentuk. Artinya, di Surabaya, Bung Karno mulai membayangkan tentang Indonesia Raya.

Eri menambahkan, selain karena faktor Bung Karno, kedekatan Puan dengan Surabaya juga terbentuk karena kehadiran Puan dalam dinamika perjuangan Megawati Soekarnoputri di era Orde Baru.