WBP Rutan Bangil Mendapatkan Sosialisasi Pemilu 2024 Dari Komisioner KPU Kabupaten Pasuruan

BERITA

PASURUAN, Harnasnews – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasuruan melakanakan Sosialisasi Pemilu Tahun 2024 dengan tema “Peran Lembaga Pemasyarakatan Dalam Mewujudkan Pemilu 2024 yang Aman dan Damai,” yang dilakukan di Rutan Kelas IIB Bangil pada Jumat (08/12/2023).

Didalam acara dihadiri langsung oleh Kepala Rutan, Bhanad Shofa Kurniawan didampingi Kepala Pengamanan Rutan (KPR) Bambang Bidiantoro Hutabarat, Komisioner KPU Kab. Pasuruan Devisi Sosdiklih Parmas Suyatmin, serta 100 orang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rutan Bangil.

Suyatmin yang menjadi pemateri dalam acara, menyampaikan beberapa tahapan yang sudah dilakukan dan akan dilakukan KPU di Pemilu 2024 mendatang.

“Semua terdapat 11 tahapan, ada beberapa tahapan yang telah dilakukan KPU Kab. Pusuruan dan untuk kedepannya ada juga tahapan yang akan dilakukan KPU hingga berakhirnya Pemilu yang akan berlangsung, tapi harus tetap dingat bahwa 14 Februari 2024 datang ke TPS,” terang Suyatmin.

Diterangkan ada lima surat suara yang nantinya akan di coblos oleh semua warga negara indonesia. Tapi lima surat suara itu tidak semuanya bisa di coblos oleh semua penghuni Rutan. Misal yang alamatnya luar daerah Kabupaten Pasuruan, seperti kota pasuruan atau probolinggo, itu nanti mendapat empat surat suara, yakni Caleg Provinsi, Caleg DPR RI, Calon DPD RI, dan pasangan Capres Cawapres.

Jadi nanti menyesuaikan alamatnya, kalau diluar dapil pasuruan-probolinggo, akan mendapat dua surat suara yakni DPD RI dan pasangan Capres. Kalau yang dari luar jawa, nanti mendapat satu surat suara yakni pasangan Capres atau Cawapres.

“Jadi, dari semua yang tadi saya sebutkan, tidak semua WBP Rutan bisa mendapatkan 5 kertas hak suara, namun tergantung dari identitas para WBP itu sendiri,” urai Suratmin.

Sementara Kepala Rutan Kelas IIB Bangil berharap agar 100 WBP yang langsung mendapatkan penjelasan langsung dari Komisioner KPU Kab. Pasuruan bisa menjadi penghubung dengan WBP lainnya.

“Bagi yang hadir dalam ruangan ini, serta mendapatkan beberapa edukasi dari pemateri bisa menyampaikan kembali apa yang didapat kepada teman sesama WBP sebagai bentuk radio berantai,” tutur Bhanad.

Bhanad pada kesempatan ini juga akan menfasilitasi agar bisa dilakukan nonton bareng (nobar) saat ada debat kandidat Capres, supaya WBP juga ikut mengerti lebih mendalam terkait visi misi dari para calon.

“Tapi tetap saya tekankan kepada WBP agar tetap menjaga rasa kebersamaan dan persaudaraan, ga usah gontok-gontokan tapi mari bersama-sama menyukseskan Pemilu 2024,” pungkas Ka. Rutan.(Hid)

Leave A Reply

Your email address will not be published.