1.650 Personil Gabungan Akan Amankan 277 Titik Saat Nataru Di Kota Bekasi

KOTA BEKASI, Harnasnews.com – Sebanyak 1.650 personil gabungan dari Polres Metro Bekasi Kota, Kodim 0507/Bekasi serta Pemerintah Kota Bekasi akan diterjunkan untuk pengamanan malam Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

“Untuk melakukan pengamanan Natal ada 277 tempat ibadah baik gereja maupun ruko ataupun gedung-gedung yang digunakan oleh umat kristiani dalam melaksanakan perayaan natal dan misa,” ucap Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Pol Hengki usai pelaksanaan Gelar Pasukan Operasi Lilin 2022 di Mapolres Metro Bekasi Kota, Kamis (22/12/22).

Kapolres Hengki juga mengatakan, Selain untuk mengamankan gereja pada malam misa natal, 1.650 personil itu juga akan disiagakan di beberapa titik Pospam dan Posyan yang ada.

“Dimana dari ribuan personel tersebut terdiri dari pihak Kepolisian, TNI, Dinas Perhubungan, Satpol-PP maupun unsur-unsur lainnya yang turut terlibat dalam proses pengamanan,” jelasnya

Kemudian, melalui proses pengamanan pada saat malam Natal sendiri. Pihak kepolisian, kata dia akan menerjunkan beberapa personel yang turut disiagakan dibeberapa tempat ibadah. Namun, melalui jumlahnya akan turut disesuaikan dari kondisi setiap gereja dari setiap jumlah kapasitas jemaat yang ada.

“Kita untuk pengamanan di Gereja akan disesuaikan dengan jemaat yang ada. Kalo yang jemaatnya besar ada 5 ribu orang tentu kita akan tempatkan personil lebih banyak. Tapi kalo yang jemaatnya hanya 200 – 500 orang saja. Maka kita tempatkan personil yang tidak begitu banyak,” imbuhnya

Selain itu, dalam menyambut pelaksanaan Malam Natal. Dirinya juga berpesan agar seluruh masyarakat bisa menjaga toleransi dan bisa menjaga kekhidmatan malam Natal dari aksi-aksi yang tak diinginkan termasuk tindakan kejahatan.

“Kita sama-sama menjaga agar meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan bila mana mendapatkan informasi, diduga ada hal hal yang kurang baik segera menginformasikan ke Polres, Kodim maupun Pemerintah Kota Bekasi dan akan segera kita tindak lanjuti dengan secepatnya dan mari jaga toleransi umat beragama terutama di dalam Perayaan Natal,” tutupnya.

Sementara itu, Plt Walikota Bekasi Trus Adhianto khususnya pada malam pergantian tahun baru 2023 untuk bersama-sama berdoa dan merefleksikan apa yang telah dicapai pada 2022.

“Tentunya itu adalah satu kenyataan yang sudah kita jalani, tapi tentunya masih banyak mimpi, harapan dan itu perlu adanya upaya kita mendekatkan diri agar 2023 menjadi yang luar biasa menjadi tahun yang terbaik,” Kata Tri.

Pada malam pergantian tahun baru, Pemkot Bekasi akan menggelar doa bersama anak yatim di area kantor Pemkot. Hal yang sama juga akan dilakukan oleh jajaran di bawahnya seperti kecamatan dan kelurahan.

“Kalau sih memotivasi kepada para camat dan lurah untuk kemudian mereka mengelaborasi justru membuat warga masyarakat dapat melaksanakan kegiatan di wilayah masing-masing jadi tidak ada lagi melakukan kegiatan antar wilayah sehingga kondusifitas dan kemudian perayaan akan lebih hikmat,” katanya. (Mam)

Leave A Reply

Your email address will not be published.